Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi, Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Resmi Dibuka, Tunggu Sertifikat Laik Operasi

Kompas.com - 24/08/2021, 10:37 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer telah rampung 100 persen.

Hingga kini, seksi tol tersebut sedang menunggu Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan hal ini kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

"(Tol) Serang-Panimbang masuk dalam daftar yang kami usulkan untuk segera diresmikan, menunggu SLO dari Ditjen Bina Marga," ujar Danang.

Danang mengatakan, Seksi Serang-Rangkasbitung saat ini sudah melalui tahapan Uji Laik Fungsi (ULF).

Seksi ini merupakan bagian dari 14 jalan tol yang akan dibuka Pemerintah pada Semester II 2021.

Pembangunan Tol Serang-Panimbang diharapkan dapat meningkatkan pengembangan destinasi wisata di kawasan Banten.

Selain itu, jalan tol ini diproyeksikan dapat mendukung pengembangan ekonomi Banten bagian tengah, selatan dan utara yang berdekatan dengan Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Empat Ruas Jalan Tol dan Lingkar Baru Siap Sambut Kemerdekaan RI

Untuk diketahui, PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk merupakan badan usaha Jalan Tol (BUJT) berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada 22 Februari 2017.

BUJT inilah yang membangun Tol Serang Panimbang yang melintasi empat kabupaten/kota yakni Kota Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

Proses pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Jalan bebas hambatan berbayar ini terdiri atas tiga seksi yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 kilometer menghubungkan Serang-Rangkasbitung.

Lalu, Seksi 2 sepanjang 24,17 kilometer menghubungkan ruas Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 kilometer yang menghubungkan Cileles-Panimbang.

Untuk seksi 1 dan 2 menjadi porsi BUJT WSP dan seksi 3 dikerjakan Pemerintah.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang akan memberi efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung.

Bila sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 4-5 jam, dengan tol ini Jakarta-Lesung bisa ditempuh dalam 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com