Kompas.com - 23/08/2021, 09:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir menyapa pasien di isolasi terpusat (isoter) terapung KM Bukit Raya di Pelabuhan Belawan, Sabtu (21/8/2021) Dok: Pelindo 1Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir menyapa pasien di isolasi terpusat (isoter) terapung KM Bukit Raya di Pelabuhan Belawan, Sabtu (21/8/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Monitoring fasilitas Kapal Motor Bukit Raya sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) terapung di Kota Medan dihadiri langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wali Kota Medan.

Kapal milik Pelni yang sandar di Pelabuhan Belawan ini, disediakan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) mendukung upaya percepatan pemulihan Covid-19 di Kota Medan dengan menyediakan fasilitas dermaga selama kapal bersandar dan memastikan keamanan selama kegiatan berlangsung.

Direktur Utama Pelindo 1, Prasetyo menyampaikan komitmen ini dalam sambutannya. Untuk memastikan keamanan, pihaknya menyediakan patroli sekuriti, rambu-rambu keamanan, signage HSSE, portable portals, marka darurat, parking area dan posko kesehatan.

Baca juga: Bobby Nasution: Terima Kasih kepada Bapak Menteri yang Memberi Jatah Kapal kepada Kota Medan

"Kami membuka jalur khusus ke arah kapal isoter, pembuatan pembatas portable untuk meminimalisir akses ke kegiatan bongkar muat dan suplai air bersih melalui PDAM Tirtanadi," kata Prasetyo, Sabtu (21/8/2021).

Pelindo 1 bersama Pelni, masih kata Prasetyo, akan menyediakan ruang ibadah, fasilitas olahraga senam, ping-pong dan catur dengan mendatangkan instruktur senam, sound system, panggung instruktur, meja ping-pong dan kelengkapannya.

Untuk kegiatan rekreasional, tersedia fasilitas memancing, menonton film, berjemur dan snack and coffee time bekerja sama dengan UMKM setempat.

"Kami siapkan 100 pax makanan untuk pasien selama sebulan dan logistik untuk non-pasien berupa food and beverage," ucapnya.

Erick Thohir menyambung, katanya, dalam kondisi seperti saat ini, negara hadir. Bergotong-royong antara pemerintah pusat, daerah dan BUMN menangani Covid-19 karena kunci dalam menangani pandemi adalah kebersamaan.

"Memastikan negara hadir, memastikan pejabat publik tidak lelah melayani dan rakyat mendukung program pemerintah agar Covid-19 bisa teratasi dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Siap Menampung 485 Pasien, Isoter Terapung KM Bukit Raya Mulai Beroperasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.