Kompas.com - 26/04/2021, 20:00 WIB
Pengunjung mengenakan masker untuk menghindari tertular Covid-19, saat mengunjungi Tembok Besar China, di Beijing, 18 April 2020. Setelah sempat menjalani masa karantina akibat penyebaran Covid-19, jutaan orang di China kembali turun ke jalan dan mengunjungi kawasan wisata yang kembali dibuka. AFP/WANG ZHAOPengunjung mengenakan masker untuk menghindari tertular Covid-19, saat mengunjungi Tembok Besar China, di Beijing, 18 April 2020. Setelah sempat menjalani masa karantina akibat penyebaran Covid-19, jutaan orang di China kembali turun ke jalan dan mengunjungi kawasan wisata yang kembali dibuka.

KOMPAS.com - Selama tahun 2020, dunia menambah sekitar 493 miliarder baru dalam waktu setiap 17 jam sekali.

Bahkan, New York yang notabene merupakan basis para taipan di dunia selama tujuh tahun terakhir, kini didepak oleh Beijing.

Si "Big Apple" terpaksa mengalihkan predikat itu kepada ibu kota China karena kota tersebut mampu mencetak 33 miliarder baru pada tahun lalu.

Beijing diketahui melahirkan 100 miliarder atau unggul tipis dibandingkan New York sebanyak 99 konglomerat.

Baca juga: Crazy Rich Indonesia Melonjak 67 Persen, Paling Banyak Belanja Properti

Tak hanya Beijing, tiga kota di China lainnya juga masuk dalam daftar kota penghasil miliarder terbanyak di dunia seperti Hangzhou, Shanghai, dan Shenzen.

Hal ini disebabkan oleh ledakan e-commerce (penjualan daring) sekaligus penanganan Pandemi Covid-19 yang sangat efisien di negara tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, pertumbuhan ekonomi di China naik lebih agresif dibandingkan negara lain.

Melansir Forbes, terdapat 10 kota penghasil miliarder terbanyak di dunia pada tahun lalu.

Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Beijing

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X