Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Nataru 2 Kali, Waskita Tingkatkan Layanan 12 Ruas Tol

Kompas.com - 18/12/2020, 08:45 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah persiapan dalam mengatasi lonjakan arus kendaraan dan lalu lintas jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dipersiapkan PT Waskita Toll Road.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu mengatakan persiapan Nataru telah dilakukan hampir di sejumlah ruas jalan tol milik Waskita.

"Puncak arus mudik nataru ini akan terjadi dua kali, sehingga WTR telah memaksimalkan persiapan menjelang masa libur Nataru ini," kata Alex dalam keterangannya di Jakarta, Jum'at (Kamis (17/12/2020).

Alex menjelaskan, hingga kini WTR memiliki 16 ruas tol di Indonesia, 12 di antaranya sudah beroperasi dan bertarif baik di Jalan Tol Trans-Sumatera maupun Jalan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Wakili Indonesia, Waskita Raih Penghargaan YII Awards 2020 di Kanada

Persiapan yang dilakukan adalah meningkatkan fasilitas layanan operasional dan komunikasi guna mengantisipasi lonjakan kendaraan seperti membuka Gerbang Tol ebih banyak agar tidak terjadi kemacetan panjang yang disebabkan karena antrean pembayaran.

Selain itu juga mengoperasikan seluruh CCTV, mobil patroli, mobil derek, ambulans dan kendaraan rescue untuk mengantisipasi terjadinya gangguan atau kecelakaan lalu lintas.

"Itu semua kami siapkan dan standby untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas tol dan pesan lalu lintas yang tertera di layar Variable Message Sign (VMS)," tambah Alex.

Media informasi sebagai sarana sosialisasi juga telah disiapkan agar para pengguna jalan tol mendapatkan informasi terbaru melalui social media WTR ataupun BUJT serta hotline jalan tol yang aktif selama 24 jam.

"Kami juga bekerja sama dengan pihak terkait yakni pihak Satlantas Kepolisian dan Dishub untuk menunjang kenyamanan lalu lintas dalam masa libur Nataru 2020/2021," kata Alex.

Alex mengharapkan dengan bertambahnya ruas tol yang telah beroperas dapat membantu para pengendara dalam mempersingkat waktu tempuh dengan efisien.

"Kami mengimbau para pengendara agar memperhatikan rambu lalu lintas agar berkendara menjadi lebih nyaman dan aman," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com