Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakili Indonesia, Waskita Raih Penghargaan YII Awards 2020 di Kanada

Kompas.com - 04/12/2020, 18:22 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk meraih penghargaan tingkat dunia The Year in Infrastructure (YII) Special Recognition Awards 2020.

Waskita mendapat penghargaan untuk kategori Comprehensiveness in Transportation Digital Twins dari Bentley Advancing Infrastructure untuk Proyek Pembangunan Fasilitas Perkeretaapian Double Track Manggarai-Jatinegara Paket A Main Line II.

Ajang bergengsi yang diselenggarakan di Vancouver, Kanada, ini diikuti lebih dari 300 perusahaan dari 60 negara di dunia dan dilaksanakan secara daring untuk pertama kalinya.

Menurut Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto, penghargaan ini menjadi pemicu Waskita untuk terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, Waskita bisa memberikan kebanggaan bagi Indonesia dengan menerima penghargaan ini sehingga menjadi katalis bagi kita untuk terus berinovasi melalui digitalisasi konstruksi dan penerapan Building Information Modelling (BIM)," kata Bambang Rianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (04/12/2020).

Baca juga: Waskita Lepas 9 Jalan Tol Senilai Rp 11 Triliun

Bambang menjelaskan Waskita menyabet penghargaan ini karena dinilai telah mengaplikasikan teknologi Bentley System pada pembangunan fly over kereta api jalur Manggarai-Jatinegara.

Project Manager PT Waskita Karya Suryo Albar menambahkan, desain untuk proyek ini dibuat dengan mengombinasikan lima perangkat lunak model OpenRail Designer, OpenBridge Modeler, Context Capture, Lumen RT, dan SYNCHRO 4D.

"Sehingga kami dapat mengukur jarak dan dimensi yang sebenarnya antara struktur yang dirancang dan struktur eksisting untuk memastikan ketepatan desain, serta membuat visualisasi dan simulasi sequence pekerjaannya” kata Suryo.

Suryo menerangkan digital twins membantun Waskita dalam membuat keputusan yang efisien.

Apalagi model BIM yang dibuat secara komprehensif, dapat mendeteksi sejak dini clash yang akan terjadi pada saat konstruksi.

Selain itu, digital twins memudahkan dalam menyampaikan alternatif hasil akhir pekerjaan akibat review desain kepada stakeholder terkait.

Waskita telah mempersiapkan data-data yang dibutuhkan selama kurang lebih dua bulan sebelum acara tersebut berlangsung.

Sebagai informasi, acara ini merupakan kompetisi global dan bergengsi di dunia konstruksi yang mempertemukan para pelaku bisnis dan profesional di bidang infrastruktur dari seluruh dunia untuk berbagi praktik inovatif dalam desain, teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan infrastruktur.

Sejak 2004, penghargaan ini telah diberikan kepada lebih dari 4.000 proyek infrastruktur paling luar biasa di dunia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com