Universitas Asing Pertama di Indonesia Ada di BSD City

Kompas.com - 01/12/2020, 21:04 WIB
BSD Green Office Park: Ekspansi Monash University ke Indonesia berlokasi di BSD City yang dinilai pihak Monash sebagai area yang terkoneksi ke industri, dekat dengan sejumlah perusahaan yang inovatif, memiliki lingkungan yang berkesinambungan dan memberikan kehidupan yang baik antara kerja, rekreasi dan gaya hidup. Dok. Sinarmas LandBSD Green Office Park: Ekspansi Monash University ke Indonesia berlokasi di BSD City yang dinilai pihak Monash sebagai area yang terkoneksi ke industri, dekat dengan sejumlah perusahaan yang inovatif, memiliki lingkungan yang berkesinambungan dan memberikan kehidupan yang baik antara kerja, rekreasi dan gaya hidup.

JAKARTA, KOMPAS.com - BSD City terpilih menjadi tuan rumah bagi perguruan tinggi luar negeri pertama di Indonesia, Monash University.

Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia akan membuka pusat pembelajaran di Gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park, BSD City, Tangerang Selatan. 

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan, pihaknya merasa terhormat karena BSD City didapuk menjadi destinasi perguruan tinggi peringkat ke-55 dunia itu.

"Kini, kami menyambut Monash University yang akan melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama di Indonesia," tutur Michael dalam siaran pers, Selasa (2/12/2020).

Michael mengungkapkan, ekspansi Monash University dinilai sebagai peristiwa bersejarah terpenting yang ditorehkan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Sinarmas Land pun turut mendukung Monash University dalam memperluas jaringannya pada skala global.

Dengan demikian, kehadiran perguruan tinggi luar negeri ini akan menjadikan mahasiswa Indonesia dapat menerima pendidikan kelas dunia. 

Baca juga: Sinarmas dan Hongkong Land Rilis Rumah Termahal Se-Indonesia Rp 30 Miliar Per Unit

Sementara itu, Wakil Rektor Senior Bidang Kemitraan Asia Tenggara Monash University Andrew Macintrye mengatakan, Monash University memilih BSD City karena lokasinya terintegrasi dengan kawasan industri.

"Berada dekat dengan sejumlah perusahaan inovatif dan perguruan tinggi Indonesia lainnya, memiliki  lingkungan berkesinambungan, serta memberikan kehidupan baik antara kerja, rekreasi, dan gaya hidup,” ujar Andrew.

Kehadiran Monash University melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan, seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan International University Liaison Indonesia (IULI).

Kemudian, institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc. dan AWS Academy dari Amazon.

Para pelajar dan mahasiswa pun dapat menambah ilmu serta keahlian melalui pusat pendidikan non-formal, seperti Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest, dan NXL Esports Center.

Nantinya, lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di beberapa perusahaan yang berkantor dalam kawasan Central Business District (CBD) BSD City, seperti Unilever, NTT, Orami, dan MyRepublic.

Sebagai informasi, Monash University Indonesia akan mulai beroperasi pada Oktober 2021 dengan jenjang pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation, serta Public Policy and Management.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X