Jelang Nataru, Hutama Karya Siapkan Layanan Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 01/12/2020, 19:28 WIB
Foto udara pembangunan konstruksi ruas jalan tol  Padang-Sicincin di Jl Bypass KM 25, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (19/6/2020). PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin/Pacin) sepanjang 36 kilometer, dengan lahan yang sudah dibebaskan dan dikerjakan sejauh 4,2 kilometer, sedangkan sisanya masih diproses di BPN. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj. ANTARA FOTO/Iggoy el FitraFoto udara pembangunan konstruksi ruas jalan tol Padang-Sicincin di Jl Bypass KM 25, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (19/6/2020). PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin/Pacin) sepanjang 36 kilometer, dengan lahan yang sudah dibebaskan dan dikerjakan sejauh 4,2 kilometer, sedangkan sisanya masih diproses di BPN. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ( Nataru) PT Hutama Karya (Persero) melakukan sejumlah persiapan operasional pelayanan di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

JTTS sepanjang 513 kilometer yang saat ini telah beroperasi siap digunakan untuk mobilitas kendaraan pada momen libur Nataru.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan, persiapan ini penting dilakukan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan lalu lintas.

"Saat ini kita juga telah menghadapi era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sehingga kami memprediksi bahwa akan ada banyak masyarakat yang akan mudik ataupun berlibur pada saat libur Nataru,” kata Aries dalam keterangan tertulis, Selasa (01/12/2020).

Baca juga: Libur Nataru Bisa Lewat Tol Trans-Sumatera dari Lampung hingga Aceh

Aries merinci hingga saat ini ruas jalan tol yang sudah dioperasikan di JTTS adalah Ruas Tol Bakauhen-Terbanggi Besar, dan Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Kemudian Ruas Tol Medan-Binjai Seksi II & III, Ruas Tol Palembang-Indralaya, Ruas Tol Pekanbaru-Dumai, dan Ruas Tol Sigli-Banda Aceh Seksi IV.

Selain itu, disiapkan juga rest area di Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang– Kayu Agung yaitu terletak di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A.

Sedangkan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar tersedia 8 rest area yang terletak di KM 20 A, KM 20 B, KM 49 A, KM 87 B, 116 A dan KM 116 B.

Baca juga: Catat, Daftar 24 Rest Area Tol Trans-Sumatera Siap Sambut Nataru

"Adapun di Ruas Palembang-Indralaya disiapkan 1 TIS di Gerbang Tol Indralaya," tambahnya.

Sementara itu, kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas JTTS yakni toilet cabin, mobil tangki air, bis toilet, hindran dan layanan derek gratis di lokasi jalan tol maupun rest area.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X