Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaringan Telekomunikasi di IKN Garapan Telkom Siap Pakai 17 Juli

Vice President Network/IT Strategy Telkom Rizal Akbar mengatakan, infrastruktur dan telekomunikasi garapan Telkom dipastikan siap pakai pada 17 Juli 2024.

Hal ini seiring dengan target yang diberikan oleh Otorita IKN (OIKN) bahwa jaringan telekomunikasi di IKN, khususnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A, sudah tersedia pada Agustus 2024.

Dalam hal ini, Telkom memberikan investasi murni sekitar Rp 280 miliar.

"Inshort secara bertahap Rp 280 miliar itu kita gelar sesuai dengan pertumbuhan traffic dan pelanggan di sana," imbuh Rizal.

Sebagai informasi PLN Icon Plus dan Telkom dipilih menjadi penyedia jaringan fiber optic dan menara Base Transceiver Station (BTS) di KIPP 1A IKN.

Konsep infrastruktur bersama untuk telekomunikasi merupakan model bisnis yang memungkinkan badan usaha telekomunikasi lainnya bekerja sama dalam penyediaan layanan telekomunikasi di suatu wilayah dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah disediakan oleh satu badan usaha tertentu.

Model bisnis ini bisa menurunkan biaya investasi yang harus dikeluarkan oleh badan usaha telekomunikasi, dari yang awalnya merupakan pesaing menjadi mitra.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim menjelaskan, Telkom dan PLN Icon Plus dipilih melalui pemilihan secara terbatas dengan melihat kesiapan infrastruktur telekomunikasi badan usaha yang telah tersedia di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, pemilihan dua perusahaan penyedia infrastruktur bersama untuk telekomunikasi ini juga berdasarkan target operasional jaringan telekomunikasi di IKN pada Agustus 2024.

"Sehingga kita bisa memastikan akan bisa siap selesai dan operasional pada Agustus 2024," kata Silvia pada kesempatan yang sama.

Melalui Public Expose ini, Silvia mengajak badan usaha telekomunikasi lainnya untuk ikut bergabung dalam penyediaan jaringan telekomunikasi di IKN.

"Enggak dilimitasi untuk Telkom dan Icon Plus, terbuka untuk semua badan usaha telekomunikasi dan non-diskriminatif," tegas Silvia.

https://www.kompas.com/properti/read/2024/01/15/163000421/jaringan-telekomunikasi-di-ikn-garapan-telkom-siap-pakai-17-juli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke