Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Genangan Banjir Surut, Akses Tol Bitung Tangerang Kembali Dibuka

Sebelumnya, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selalu pengelola tol melakukan penutupan sementara akibat adanya genangan di akses tol Bitung Km 26, Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

Setelah dilakukan upaya-upaya penanganan, genangan di akses Bitung berangsur surut dan mulai dioperasikan.

Lalu lintas pun terpantau kembali normal, baik akses keluar Bitung dari Jakarta maupun akses masuk Bitung menuju Cikupa.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan sejak terjadi genangan di akses Bitung akibat curah hujan tinggi pada 13 November 2022  serta tingginya debit air di Kali Sabi dan Sungai Kali Manis, membuat Jasamarga secara bertahap mengfungsikan pompa.

“Total ada 19 pompa yang difungsikan terdiri dari 2 pompa submersible eksisting berkapasitas 60 liter/detik dan 30 liter/detik, serta 16 pompa mobile dengan kapasitas 80 liter/detik dan 1 pompa mobile berkapasitas 30 liter/detik,” Jelas Irra.

Dikatakan, Jasamarga telah melakukan sejumlah upaya lainnya. Misalnya, perkuatan tanggul sementara yang dapat memisahkan aliran air dari waduk dengan air genangan di badan jalan tol.

Adapun upaya penanganan jangka panjang, Jasamarga akan membuat tambahan crossing saluran berupa gorong-gorong dan, melakukan perawatan dan pengerukan polder secara berkala.

Program rutin dan berkala terkait perawatan dan pembersihan saluran-saluran air juga kembali dilakukan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/17/091500321/genangan-banjir-surut-akses-tol-bitung-tangerang-kembali-dibuka

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke