Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Bangun MRT Fase 2 Membengkak Jadi Rp 25,3 Triliun, Kenapa?

Hal ini disampaikan Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta, Selasa (20/9/2022).

"Pertama adalah iya (benar) biaya pembangunan MRT Fase 2 itu terjadi peningkatan, dari estimasi awalnya di Rp 22,6 triliun. Sekarang menjadi Rp 25,3 triliun," jelas Silvia.

Biaya sebesar Rp 22,6 triliun tersebut merupakan estimasi dana pembangunan proyek MRT Fase 2 yang dibuat pada tahun 2018.

Silvia menjelaskan, besaran dana tersebut masih masuk ke dalam tahap perencanaan dan jalurnya masih direncanakan dari Stasiun Bundaran HI-Kampung Bandan.

Sementara itu, biaya sebesar Rp 25,3 triliun merupakan estimasi membangun proyek MRT terbaru hingga tahun 2029.

"Dimana didalamnya kita sudah mengantisipasi kelanjutan (Stasiun) Ancol. Jadi, deponya sudah dipindah dan kontrak CP201, CP202, CP203 sudah berkontrak yang paket ini," ujar Silvia.

Adapun pembangunan MRT Jakarta fase 2 membentang sepanjang sekitar 11,8 kilometer dari kawasan Bundaran HI hingga Ancol Barat.

Fase 2 ini melanjutkan koridor utara-selatan fase 1 yang telah beroperasi sejak 2019 lalu, yaitu dari Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI.

Jarak antarstasiun sekitar 0,6 kilometer-1 kilometer dengan sistem persinyalan Kendali Kereta Berbasis Komunikasi (CBTC) dan sistem operasi otomatis tingkat 2.

Fase 2 terdiri dari dua tahap yaitu fase 2A dan fase 2B. Untuk fase 2A terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah (Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota) dengan total panjang jalur sekitar 5,8 kilometer.

Sedangkan Fase 2B terdiri dari dua stasiun bawah tanah (Mangga Dua dan Ancol) dan satu depo di Ancol Barat dengan total panjang jalur sekitar enam kilometer. Saat ini, fase tersebut sedang dalam tahap studi kelayakan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/20/200000621/biaya-bangun-mrt-fase-2-membengkak-jadi-rp-25-3-triliun-kenapa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke