Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Lakukan Ini, Agar Rumah Tetap Aman Dari Terpaan Angin Kencang

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpaan angin kencang merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan rumah yang sering dijumpai di Indonesia.

Terlebih saat musim peralihan atau pancaroba, dimana terjadi hujan disertai angin kencang di sejumlah daerah.

Terjadinya angin kencang dapat menyebabkan kerusakan pada hunian, terlebih angin puting beliung yang bisa membuat kerusakan parah.

Hal pertama yang bisa dilakukan agar hunian Anda tetap aman meskipun diterpa angin kencang, adalah melakukan perbaikan pada bagian rumah yang berpotensi menimbulkan kerusakan.

Ini perlu dilakukan untuk mencegah biaya perbaikan yang lebih mahal. Lakukan pemeriksaan rutin dan cek bagian mana dari rumah Anda yang harus segera diperbaiki.

Misalnya papan pagar yang longgar atau sirap atap yang terlepas. Bila belum ada dana untuk mengganti secara keseluruhan, lakukan perbaikan sementara untuk mencegah bagian yang rusak terlepas dan beterbangan.

Bila Anda sudah melihat kondisi cuaca sudah mulai berangin, mulailah mengamankan barang-barang yang biasanya diletakkan di luar ruangan.

Mulai dari furnitur, alat pemanggang daging, tempat sampah dan peralatan olahraga dapat menjadi barang berbahaya bila dihempaskan oleh angin kencang.

Jangan lula memarkir mobil Anda jauh dari pohon, lampu jalan, dan kabel listrik. Jika memungkinkan, letakanlah di dalam area garasi.

Jika memiliki pohon di sekitar rumah, pastikan mereka berada dalam kondisi baik dan tebang pohon yang sudah mati sebelum akhirnya patah dan menimpa orang atau hunian.

Dengan melakukan langkah antisipasi yang tepat, Anda bisa meminimalkan kerusakan pada hunian bila diterjang angin kencang. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/10/205516621/wajib-lakukan-ini-agar-rumah-tetap-aman-dari-terpaan-angin-kencang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke