Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akan Ada Tol Getaci, Pemkot Bandung Rencanakan Pelebaran Jalan Gedebage Selatan

Untuk pembangunan Tol Getaci, kini dimulai pengadaan tanah Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, mengatakan saat ini pihaknya tengah merencanakan pelebaran Jalan Gedebage Selatan. 

Hal ini untuk menunjang interchange KM 149 Tol Gedebage yang tembus sampai ke Jalan Soekarno Hatta.

"Kita akselerasi jangka pendek, rencananya akan ada pembebasan lahan Gedebage Selatan, alihan apabila KM 149 telah beroperasi, akan tembus ke Jalan Soekarno Hatta," ujar Ema dikutip dari situs resmi Pemkot Bandung. 

Sebab, pembangunan Tol Getaci merupakan sesuatu yang urgent dan akan meningkatkan konektivitas serta kemudahan bagi masyarakat. 

"Saya punya keyakinan sudah lama merindukan koneknivitas sarana transportasi yang menghubungkan pusat kota ke wilayah timur," tuturnya. 

"Saat ini volume kendaraan rata-rata 13,5 persen per tahun. Sementara jumlah jalan berjalan lambat. Kebutuhannya sangat urgent. Ini sudah hadir saya kira luar biasa," pungkas Ema. 

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Getaci Kementerian PUPR, Ade Sudrajat mengatakan pengadaan tanah Jalan Tol Getaci akan dimulai dari Seksi 1 Gedebage-Garut Utara.

Rencana lahannya mencakup tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kota Bandung yang terletak di Kelurahan Rancabolang Kecamatan Gedebage.

"Proses Pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Getaci ini sudah kita mulai sejak Maret 2022," jelasnya 

Saat ini pihaknya telah mematok batas lahan warga yang dibebaskan untuk Tol Getaci.

Terdapat 1.467 unit bangunan yang terdampak. Namun untuk Kota Bandung tidak terdapat bangunan yang masuk rencana tol. 

"Selanjutnya tim apraisal akan menentukan penggantian pembebasan lahan yang nantinya akan langsung disampaikan ke pemilik lahan secara langsung," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Tol Getaci membentang 206,65 kilometer, menjadikannya sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni seksi 1 Junction Gedebage–Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer, seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer. 

Sedangkan seksi 3 Tasikmalaya–Patimuan sepanjang 76,78 kilometer, dan seksi 4 Patimuan–Cilacap sepanjang 34,35 kilometer. 

Tol ini akan memiliki sembilan simpang susun dan satu junction, yaitu Junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padalarang–Cileunyi (Padaleunyi).

https://www.kompas.com/properti/read/2022/04/14/080000121/akan-ada-tol-getaci-pemkot-bandung-rencanakan-pelebaran-jalan-gedebage

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke