Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suplai Rumah di Jateng Meningkat Drastis pada Kuartal III-2021

Dampaknya terlihat pada jumlah suplai hunian yang meningkat di berbagai daerah. Menariknya Jawa Tengah menjadi daerah yang memberikan suplai hunian terbanyak pada kuartal III-2021.

Hal ini disampaikan Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam acara “Diskusi panel Indonesia’s Property Market Outlook & Real Estate Trend 2022” Kamis (9/12/2021).

Berdasaran suplai, terdapat tiag daerah yang menunjukan pertumbuhan suplai hunian terbanyak.

Jawa Tengah atau Jateng menunjukkan angka tertinggi yakni 23,5 persen. Disusul Jawa Barat (10,21 persen) dan DKI Jakarta (9,5 persen).

Selain itu, indeks harga hunian juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya secara kuartalan.

“Terdapat tiga daerah teratas yang menunjukan kenaikan harga signifikan yakni Banten (3,07 persen) Jawa Barat (2,30 persen) dan DKI Jakarta (1,81 persen),” papar Marine.

Menurut Marine, dari kondisi pasar properti tahun 2021, dapat disimpulkan banyak sekali bantuan pemerintah telah berhasil membuat pasar properti kembali pulih setelah sebelumnya terpuruk pasca pandemi.

“Namun bantuan yang diberikan oleh pemerintah masih banyak terarah ke konsumen dan belum terlalu banyak membatu para pengembang atau penjual properti,” urai Marine.

Ia bahkan mengatakan, tren pasar properti di Indonesia tahun 2022 mendatang masih sangat bergantung pada insentif yang diberikan oleh pemerintah.

“Jika kebijakan insentif pemerintah tetap diberikan hingga akhir tahun 2022, maka kondisi pasar properti di Indonesia bisa tetap stabil,” tandas Marine.

Beberapa jenis stimulus yang diberikan seperti pembelian rumah dengan DP 0 persen, relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) serta keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPNHTB) di beberapa daerah.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/09/193000221/suplai-rumah-di-jateng-meningkat-drastis-pada-kuartal-iii-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke