Kompas.com - 15/04/2021, 12:40 WIB
Valentino Rossi diapit oleh Jorge Lorenzo (kiri) dan Marc Marquez (kanan) pada sesi konferensi pers jelang MotoGP Jepang 2015 pada 8 Oktober 2015. AFP/KAZUHIRO NOGIValentino Rossi diapit oleh Jorge Lorenzo (kiri) dan Marc Marquez (kanan) pada sesi konferensi pers jelang MotoGP Jepang 2015 pada 8 Oktober 2015.

KOMPAS.com - Pebalap veteran MotoGP, Valentino Rossi, menceritakaan perbedaan besar dunia balap motor elite pada tahun 1990-an dan dewasa ini. Menurutnya, banyaknya kamera yang mengarah ke para rider membuat mereka haru menjaga image.

Valentino Rossi mengatakan dunia balap motor elite sekarang sudah jauh berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Dulu, Rossi terkenal di lintasan karena rivalitas sengitnya dengan beberapa rider di sirkuit.

Sebut saja rival-rival Rossi dari masa ke masa, mulai dari Sete Gibernau, Max Biaggi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, hingga Marc Marquez.

Rivalitas Valentino Rossi dan Marc Marquez memuncak di Sepang dan Valencia 2015.

Baca juga: Jadwal MotoGP Portugal 2021, Valentino Rossi dan Marc Marquez Jadi Sorotan

Rossi sempat menuduh adanya sebuah "Konspirasi Spanyol" antara Dorna, Dani Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo yang mencegahnya menjadi juara dunia MotoGP 2015.

Dampak dari insiden-insiden itu menyebabkan Jorge Lorenzo dan Marquez harus dikelilingi oleh petugas keamanan ekstra di ronde-ronde balapan Italia karena amarah legiun fans VR46.

Sekarang, insiden itu telah memudar dan tak ada lagi rivalitas sesengit yang pernah dilalui The Doctor.

Rossi mengatakan rivalitas seperti itu tak bisa terjadi lagi di grid MotoGP karena sekarang setiap gerak-gerik pebalap diperhatikan publik.

"Sekarang semua sudah berubah karena ada terlalu banyak kamrea. Terlalu banyak tekanan datang dari luar," tuturnya seperti dikutip dari Corsedimoto.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X