Kompas.com - 15/04/2021, 11:20 WIB
Lempar lembing www.worldathletics.orgLempar lembing

KOMPAS.com - Lempar lembing merupakan salah satu dari cabang olahraga atletik.

Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapat dalam nomor lempar pada cabang olahraga atletik, sama seperti tolak peluru, cakram, dan lontar martil.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), lempar lembing atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai javelin throw adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan melempar tombak sejauh mungkin.

Dalam olahraga lempar lembing, gaya yang digunakan sudah ditentukan. Jadi, atlet tidak bisa menggunakan gaya lain.

Baca juga: Teknik Lempar Lembing

Ada dua jenis gaya langkah dalam olahraga lempar lembing, yakni gaya berjingkat (hop step) dan gaya menyilang (cross step).

Dikutip dari buku Dasar-dasar Atletik, Pendidikan Jasmani (2020), karya Yahya Eko Nopiyanto, S.Pd., M.Pd dan Septian Raibowo, S.Pd., M.Pd, berikut penjelasan dua jenis langkah lempar lembing:

1. Gaya berjingkat (hop step)

Gaya berjingkat atau sering disebut hop step yaitu gaya lempar lembing dengan teknik memulainya dengan melangkahkan kaki secara berjingkat.

Sesuai namanya, awalan lempar lembing yang dilakukan dengan berjingkat sering disebut juga dengan gaya hop step.

Baca juga: Lempar Lembing: Sejarah dan Tekniknya

Gaya ini digunakan oleh atlet yang memegang lembing dengan teknik Finlandia (finnish style) dimana posisi lembing berada di atas bahu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X