Johann Zarco Jadi Raja "Crash" MotoGP 2020, Adik Marc Marquez Kedua

Kompas.com - 01/12/2020, 17:40 WIB
Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020 MotoGPInsiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020

KOMPAS.com - Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 telah selesai digelar dengan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar sebagai juaranya. Namun, ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu masih menyisakan cerita menarik.

Salah satu fakta menarik dari MotoGP 2020 adalah statistik soal pebalap yang paling sering mengalami kecelakaan alias crash. Untuk ini kategori ini, Johann Zarco adalah "juaranya".

Crash oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP diklasifikasikan sebagai "motor secara fisik menyentuh tanah dan tetap berada di tanah".

Data pebalap yang mengalami crash diambil dari balapan pada akhir pekan, tidak termasuk saat sesi pengujian.

Baca juga: Diperlakukan Tak Adil oleh Yamaha, Morbidelli Justru Sukses di MotoGP 2020

Melansir dari laman Crash.net, Johann Zarco menjadi pebalap yang paling sering terjatuh pada musim ini.

Pebalap tim Esponsorama Racing (Avintia) itu menjadi "raja crash" MotoGP 2020 yang berlangsung dalam 14 seri. Total, Zarco terjatuh sebanyak 17 kali.

Dari 17 insiden terjatuh yang dialami Zarco musim ini, salah satu yang paling mengerikan terjadi pada MotoGP Austria.

Pada balapan MotoGP Austria 2020, Zarco terlibat kecelakaan dengan pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, di Tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring. Akibat kecelakaan itu, motor Morbidelli nyaris menimpa Valentino Rossi.

Baca juga: Daftar Pebalap MotoGP 2021: 3 Debutan Termasuk Adik Valentino Rossi

Pada musim lalu, Johann Zarco juga memuncaki daftar pebalap paling sering crash dengan catatan 19 kali kecelakaan dari 16 seri MotoGP 2019.

Di bawah Zarco, ada nama rookie Alex Marquez sebagai pebalap yang kerap bernasib sial pada MotoGP 2020.

Halaman:

Sumber Crash.net
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X