Olimpiade Tokyo, Olimpiade Termahal di Muka Bumi

Kompas.com - 01/12/2020, 16:26 WIB
Obor Olimpiade diarak pada acara penyerahan api Olimpiade untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada 19 Maret 2020. Seremoni diadakan tanpa penonton sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus corona. AFP/ARIS MESSINISObor Olimpiade diarak pada acara penyerahan api Olimpiade untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada 19 Maret 2020. Seremoni diadakan tanpa penonton sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus corona.

TOKYO, KOMPAS.com - Penundaan Olimpiade Tokyo yang sedianya berlangsung pada 2020 lantaran pandemi Covid-19 membawa konsekuensi tersendiri.

Universitas Oxford dalam rilis terkininya menyebut hingga kini, ongkos yang harus ditanggung pemerintah Jepang mencapai 15,84 miliar dollar AS atau Rp 221,76 triliun.

Baca juga: Juara Tunggal Putra US Open 2020 Incar Podium Olimpiade Tokyo

Padahal, saat pemerintah Jepang menghitung untuk kali pertama biaya Olimpiade Tokyo itu, tercantum angka 7,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 102,2 triliun.

"Itu perhitungan pada 2013," kata pernyataan Oxford.

Ilustrasi dollar ASThinkstock.com Ilustrasi dollar AS

Angka pada 2013 itu mengalami satu kali pembaruan.

Hasilnya adalah ongkos sebesar 12,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 176,400 triliun.

"Inilah Olimpiade Musim Panas termahal di muka Bumi," pungkas Universitas Oxford.



Sumber Kyodonews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X