Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Box Office Godzilla x Kong Capai Rp 3 Triliun di Seluruh Dunia, Dune 2 Lampaui Rp 9,5 Triliun

Kompas.com - 02/04/2024, 15:32 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Setelah tiga hari dirilis, Godzilla x Kong: The New Empire menjadi film terlaris ketiga tahun 2024.

Film Godzilla x Kong: The New Empire telah mengumpulkan 194 juta dolar atau setara Rp 3 triliun secara global pada akhir pekan pembukaannya, berada di peringkat kedua setelah film Dune: Part Two (626 juta dolar / Rp 9,5 triliun setelah lima minggu rilis) dan Kung Fu Panda 4 (347 juta dolar / Rp 5,5 triliun setelah empat minggu rilis) dalam hal penjualan tiket secara keseluruhan.

Godzilla x Kong: The New Empire, dari Warner Bros. dan Legendary Entertainment, memulai debutnya di box office internasional dengan 114 juta dolar atau Rp 1,8 triliun dari 64 pasar.

Baca juga: Film Godzilla X Kong: The New Empire Tembus Box Office

Film ini juga jauh melampaui ekspektasi di Amerika Utara dengan 80 juta dolar (Rp 1,2 triliun) pada akhir pekan pertama peluncurannya.

Di luar Amerika, Tiongkok memimpin dengan 44 juta dolar (Rp 700 miliar), diikuti Meksiko dengan 12,8 juta dolar (Rp 203 miliar) dan India dengan 5,5 juta dolar (Rp 87 miliar).

“Kami ingin memberikan sesuatu yang sangat menghibur penonton,” kata produser Godzilla x Kong, Mary Parent seperti dilansir Variety, Selasa (2/4/2024).

“Tidak ada seorang pun yang memiliki bola kristal. Anda hanya bisa berharap dan bermimpi. Jadi, melihat hasil ini secara global terasa sangat menyenangkan dan menyenangkan,” imbuh Mary Parent.

Baca juga: Kung Fu Panda 4 Kalahkan Dune: Part Two di Box Office

Pembuat film Godzilla vs. Kong Adam Wingard kembali menyutradarai The New Empire, yang dibintangi Rebecca Hall, Brian Tyree Henry, dan Dan Stevens.

Tidak seperti iterasi sebelumnya, yang mempertemukan makhluk-makhluk itu satu sama lain, film ini menampilkan Kong bersatu dengan Godzilla untuk menghentikan ancaman misterius yang menghancurkan planet ini.

Film ini memiliki anggaran produksi sebesar 135 juta dolar (Rp 2,1 triliun), sehingga penjualan tiket global yang besar diperlukan untuk membenarkan banderol harganya yang mahal.

Namun, dengan momentum ini, The New Empire siap untuk melampaui pendahulunya, Godzilla vs. Kong yang dirilis pada tahun 2021.

Baca juga: Prediksi Bene Dion Terbukti, Film Agak Laen Tembus Box Office Indonesia

Film sebelumnya menjadi hit di era pandemi dengan meraup 474 juta dolar (Rp 7,5 triliun) di seluruh dunia, melampaui King of the Monsters yang dirilis pada tahun 2019 meraup 387 juta dolar (Rp 6,1 triliun) pada saat banyak bioskop ditutup karena Covid-19.

Tentpole Warner Bros. dan Legendary lainnya, Dune: Part Two, memperkuat posisinya sebagai film terbesar tahun ini dengan 626,1 juta dolar (Rp 9,5 triliun) secara global.

Di tempat lain, Film Oppenheimer dibuka di pasar terakhirnya pada akhir pekan, lebih dari delapan bulan setelah peluncuran perdananya.

Film epik sejarah pemenang Oscar karya Christopher Nolan memulai debutnya di Jepang dengan pendapatan 2,5 juta dolar (Rp 39 miliar), menempati posisi ketiga di negara tersebut setelah dua film lokal, genre horor Strange House dan animasi Haikyu!!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com