Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernyataan Lengkap Kate Middleton Setelah Didiagnosis Kanker

Kompas.com - 23/03/2024, 04:58 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Setelah dua bulan keberadaannya menjadi tanda tanya, Kate Middleton akhirnya muncul dan mengungkapkan kondisi dirinya yang sebenarnya.

Kate Middleton yang merupakan istri Pangeran William mengungkapkan dirinya mengidap kanker.

Kendati tak merinci kanker apa yang dideritanya, Kate Middleton menyebut dirinya telah menjalani pengobatan kanker dalam pembaruan kabar kesehatan dirinya pada Jumat, (22/3/2024) waktu Inggris.

Baca juga: Kate Middleton Ungkap Dirinya Didiagnosis Kanker

Kate Middleton pun menyampaikan pernyataan lengkap berkait kondisi terbarunya melalui unggahan video di akun Instagram-nya.

Berikut pernyataan lengkap Kate Middleton sang Putri Wales:

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, secara pribadi, atas semua pesan dukungan yang luar biasa dan atas pengertian kalian selama saya dalam masa pemulihan dari operasi.

Beberapa bulan ini merupakan bulan-bulan yang sangat berat bagi seluruh keluarga kami, namun saya memiliki tim medis yang luar biasa yang telah merawat saya dengan baik, dan saya sangat berterima kasih atas hal tersebut.

Pada bulan Januari (2024), saya menjalani operasi perut besar di London dan pada saat itu, kondisi saya dianggap bukan kanker. Operasinya berhasil. Namun, tes setelah operasi menemukan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif dan saya sekarang berada pada tahap awal pengobatan tersebut.

Hal ini tentu saja merupakan kejutan besar, dan William serta saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi keluarga muda kami.

Seperti yang dapat kalian bayangkan, ini memerlukan waktu. Saya membutuhkan waktu untuk pulih dari operasi besar untuk memulai perawatan saya. Namun, yang terpenting, kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada (anak saya) George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai bagi mereka, dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja.

Seperti yang telah saya katakan kepada mereka; Saya baik-baik saja dan menjadi lebih kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang akan membantu saya sembuh; dalam pikiran, tubuh, dan jiwaku. Memiliki William di sisiku juga merupakan sumber kenyamanan dan kepastian. Seperti cinta, dukungan dan kebaikan yang telah ditunjukkan oleh banyak dari Anda. Itu sangat berarti bagi kami berdua.

Kami berharap Anda memahami bahwa sebagai sebuah keluarga kami sekarang memerlukan waktu, ruang, dan privasi sementara saya menyelesaikan perawatan saya. Pekerjaan saya selalu memberi saya rasa gembira yang mendalam dan saya berharap dapat kembali ketika saya mampu, namun untuk saat ini saya harus fokus untuk melakukan pemulihan penuh.

Saat ini, saya juga memikirkan semua orang yang hidupnya terkena dampak kanker. Bagi siapa pun yang menghadapi penyakit ini, dalam bentuk apa pun, mohon jangan putus asa dan berharap. Anda tidak sendiri."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com