Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Sorotan, YouTube Rewind 2022 Rangkum Peristiwa Penting Dalam dan Luar Negeri

Kompas.com - 01/01/2023, 10:37 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menutup akhir tahun 2022 rasanya tak pernah terasa lengkap sebelum menonton YouTube Rewind yang kali ini menggunakan nama Rewind Indonesia 2022.

Diunggah 30 Desember 2022, Rewind 2022 disajikan dengan apik, menggambarkan rangkaian peristiwa dalam dan luar negeri sepanjang tahun 2022.

Dari tren baju turun naik, Citayam Fashion Week, Paris Fashion Week, lagu Keisha Levronka yang sempat viral "Tak Ingin Usai", lagu NIKI "High School in Jakarta", dirangkum jadi satu kesatuan apik pembuka Rewind Indonesia 2022.

Peristiwa di luar negeri, mulai dari persidangan Johnny Depp dan Amber Heard yang menyita perhatian selama berbulan-bulan.

Hingga insiden Will Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar turut jadi sorotan di tahun 2022 dari dunia Hollywood yang ikut ditampilkan di Rewind Indonesia 2022.

Baca juga: Kate Moss Ungkap Alasan Bersedia Memberi Kesaksian di Sidang Johnny Depp

Sedangkan dari dunia hiburan Tanah Air, Rewind Indonesia 2022 memberi gambaran peristiwa yang ramai sepanjang tahun 2022.

Mulai dari kasus KDRT penyanyi dangdut, film-film sukses sepanjang tahun 2022, Farel Prayoga yang mendadak viral dengan lagunya "Ojo Dibandingke".

Kemudian Kak Jill yang viral di TikTok, prank ugly cake, perseteruan Pesulap Merah dengan dukun.

Musik Kpop juga tak luput dalam rangkuman YouTube Rewind 2022, dari lagu "Beatbox" NCT, "Zoom" milik Jessi, "Pop" Nayeon, "Love Maybe" Secret Number hingga Jungkook BTS yang mengisi soundtrack Piala Dunia 2022 dengan lagu "Dreamers".

Baca juga: Kini Viral di TikTok dan Bisa Jual Ratusan Gorden, Kak Jill: Awalnya Jadi Mak Lebay Aja

Selain itu, sekilas diperdengarkan lagu BTS "Yet To Come", disertakan dengan gambaran tujuh kursi kosong. Hal ini akan mengingatkan penggemar di mana salah satu anggota BTS, Jin, memulai wajib militer tahun 2022 dan masing-masing anggota BTS fokus dengan aktivitas individu mereka.

Tidak hanya itu, Rewind Indonesia 2022 juga mengingatkan lagi pada peristiwa penting yang menyisakan banyak luka dan kesedihan di tahun 2022.

Dari meninggalnya artis Thailand Tangmo Nida, tragedi Kanjuruhan, banjir di Seoul, gempa bumi di Cianjur, tragedi Halloween di Itaewon, hingga kabar duka meninggalnya putra Gubernur Jawa Barat, Eril, hingga meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Dalam keterangannya, Rewind Indonesia disebut sebagai sebuah perayaan kreatifitas generasi muda yang merangkum berbagai macam fenomena dan trend selama satu tahun terakhir.

Video yang disutradarai oleh Chandra Liow dan Cianicolay itu bisa dilihat di channel YouTube Deddy Corbuzier.

Sejumlah kreator konten dan selebritas yang muncul di video YouTube Rewind 2022 antara lain Habib Jafar, Bonge, Nessi Judge, JKT48, Renata Moeloek, Juna Rorimpandey, Tanboy Kun, Prince, Marshel Widianto, Farel Prayoga, Uus, Coki Pardede, Patricia Gouw, Mischka dan Devon, Sara Wijayanto.

Terlepas banyaknya kritik dan dibandingkan dengan konten serupa tahun-tahun sebelumnya, video Rewind Indonesia 2022 yang telah ditonton lebih dari 3 juta kali itu tetap mendapat apresiasi dari netizen.

"Keren banget ini #YouTubeRewind Indonesia seperti biasanya.
Yang bikin nangis adalah kejadian-kejadian selama 2022," tulis @Biilaa19.

"Enggak pernah enggak nangis kalo nonton YouTube Rewind Indonesia," tulis @jojjomi.

"YouTube Rewind Indonesia 2022 keren banget!," tulis @ddycw.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com