Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Andien hingga Dian Sastro Dukung Kebaya Goes to UNESCO...

Kompas.com - 26/11/2022, 10:35 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu Indonesia tidak ikut bersama empat negara Asia Tenggara lainnya dalam mendaftarkan busana kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO merebak dalam beberapa hari belakangan.

Artis-artis perempuan Indonesia pun menyuarakan rasa bangga mengenakan kebaya dan dukungan mereka agar kebaya bisa turut masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO.

1. Dian Sastro

Pada Juli 2022, aktris Dian Sastro mendukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO. Gerakan ini bertujuan mendaftarkan kebaya ke UNESCO.

Baca juga: Asal-usul Kebaya yang Akan Didaftarkan ke UNESCO oleh Singapura dan 3 Negara

"Kenapa saya mau ikut ini karena saya suka kebaya dan jujur saya enggak sendiri. Saya tahu banyak yang suka kebaya, teman-teman artis influencer banyak," tutur Dian Sastrowardoyo di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2022).

Dian Sastro mengaku mengajak rekan sesama artis seperti Andien dan Raisa.

Berharap kebaya diakui UNESCO, Disas (panggilan karibnya) menegaskan rakyat Indonesia harus membuktikan kepada UNESCO bahwa di negeri sendiri sangat banyak yang mengenakan kebaya.

Baca juga: Duduk Perkara Singapura Daftarkan Kebaya ke UNESCO bersama Malaysia, Brunei, dan Thailand

2. Andien

Penyanyi Andien juga menggalakkan ajakan untuk mengenakan kebaya setelah isu absennya Indonesia mengajukan kebaya ke UNESCO muncul.

Andien memamerkan video ia bersama rekan-rekan figur publik, termasuk Dian Sastro, saat mengenakan kebaya.

"Ini adalah cerita kebaya kami ~ sekumpulan #SobatKebaya yang ingin mengapresiasi dan menghargai pakaian kebanggaan kita semua sebagai warisan budaya Indonesia," tulis Andien di Instagram @andienaisyah, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Dian Sastro Ajak Para Wanita Pakai Kebaya, Ada Apa?

Dengan sering mengenakan kebaya, Andien berharap dunia tahu kebaya adalah bagian dari Indonesia.

"Yuk sering-sering pakai kebaya di setiap kesempatan sehari-hari! Supaya masyarakat dunia tahu, kebaya adalah bagian dari Indonesia," tulisnya lagi.

Sebelumnya, pada Rabu (23/11/2022) diberitakan Dewan Warisan Nasional (NHB) Singapura akan mendaftarkan kebaya masuk dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO.

Baca juga: Tampil di Gala Dinner G20, Andien Aisyah: Bangga Banget

Pendaftaran kebaya ini dijadwalkan untuk diserahkan pada Maret 2023.

Hal itu diusung melalui upaya multinasional bersama tiga negara lainnya, yakni Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand.

Malaysia yang pertama mengusulkan dan mengoordinasikan nominasi multinasional ini.

Indonesia sebenarnya juga dahulu sudah diajak. Namun hasil rapat pemerintah dan Komisi X DPR berpendapat sebaiknya Indonesia mendaftarkan kebaya ke UNESCO sendiri, tidak bersama negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com