Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARMY Lombok dan Malang Akan Salurkan Uang Penggalangan Dana Rp 447 Juta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Kompas.com - 05/10/2022, 20:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil penggalangan dana yang dikumpulkan ARMY Indonesia lewat platform kitabisa.com akan segera disalurkan.

Penggalangan dana yang digagas oleh BTS ARMY Project Lombok ini sudah ditutup dan uang donasi telah terkumpul sebesar Rp 447 juta.

Hardyanti selalu perwakilan mengatakan, timnya sudah mendata terlebih dahulu sebelum memberikan hasil donasi untuk para korban tragedi kericuhan Stadion Kanjuruhan.

Baca juga: Selalu Buat Kegiatan Positif, ARMY Indonesia: Kami Ingin Mencontoh BTS

"Sekarang kami sesuaikan datanya, kami membuat urutan berdasarkan prioritas. Siapa yang lukanya paling parah, yang sedang kritis itu yang kami utamakan," ujar Hardyanti saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Soal target penerima dana, kata Hardyanti, akan memfokuskan sesuai tingkat urgensinya.

"Rencananya kami nanti per korban itu mungkin kami akan kasih Rp 2 juta, yang luka sedang Rp 1 juta, yang luka ringan Rp 500 ribu biar lebih banyak yang kami bantu," ujarnya.

Baca juga: Luna Maya dan Audi Marissa Ikut Sebar Informasi Penggalangan Dana ARMY Indonesia untuk Korban Kanjuruhan

Rencananya, Hardyanti dan tim mulai akan menyalurkan dana tersebut untuk para korban pada Kamis (6/10/2022) jika uang dilaman kitabisa.com sudah bisa dicairkan.

Hardyanti dan tim akan datang langsung ke lokasi untuk menyalurkan donasi dibantu tim BTS ARMY Malang.

"Kalau memang belum memungkinkan, kami mungkin start-nya besok. Paling telat besok. Jadi kami bertahap ngasihnya, Rp 50 juta perhari," tutur Hardyanti.

Selain penggalangan dana, lanjut Hardyanti, timnya juga membuka konsultasi masalah psikologis dan penyediaan layanan hukum.

Baca juga: ARMY Indonesia Buka Bantuan Hukum dan Pendampingan Psikologis untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

"Kami semua bekerja sama membagi tiga porsi. ARMY juga membantu masalah psikologis bagi anak-anak yang menjadi korban. Lalu ada yang membantu advokat, jadi menyediakan lawyer atau pendamping hukum bagi yang membutuhkan," imbuh Hardyanti.

Hardyanti bersyukur projek penggalangan dana Kanjuruhan ini menerima perhatian sehingga bisa melebihi target awal Rp 15 juta.

Ini juga bukan kali pertamanya ARMY Indonesia melakukan kegiatan mulia. Sudah banyak projek mereka untuk membantu sesama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+