Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putranya Meninggal Ditembak, Ayah Sidhu Moose Wala Minta Keadilan

Kompas.com - 31/05/2022, 11:24 WIB
Firda Janati,
Andika Aditia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ayah rapper Sidhu Moose Wala, Balkaur Singh, meminta keadilan dalam surat yang ditujukan kepada menteri Bhagwant Mann.

Balkaur Singh ingin adanya keterlibatan Biro Investigasi Pusat dan Badan Investigasi Nasional dalam penyelidikan kasus anaknya.

Selain itu, Balkaur Sigh ingin adanya permintaan maaf dari direktur jenderal polisi Punjab VK Bhawra karena mengaitkan pembunuhan putranya dengan persaingan antar-geng.

"Ibunya masih bertanya di mana Shubhdeep (Sidhu) dan kapan dia akan kembali. Apa yang harus saya katakan? Saya berharap keluarga kami mendapat keadilan," bunyi surat yang ditulis Balkaur Singh dilansir dari Hindustan Times, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Hasil Otopsi Keluar, Sidhu Moose Wala Tewas karena 25 Luka Tembakan

Balkaur Sing mengatakan, petugas yang mengakses keamanan anaknya dan mereka yang membuat perintah penarikan keamanan harus bertanggung jawab.

"Anak saya telah membuat Punjab bangga atas keberhasilannya, tetapi mereka mempresentasikan pembunuhannya karena perang geng. Mereka harus meminta maaf secara terbuka," tambahnya.

Setelah keluarga memberikan persetujuan untuk mengotopsi Sidhu, polisi bakal menyelidiki kasus dugaan pembunuhan rapper sekaligus anggota Kongres Nasional India itu.

"Pemerintah Punjab akan meminta Ketua Pengadilan Tinggi Punjab dan Haryana untuk menyelidiki kasus ini oleh hakim yang sedang menjabat," kata kepala menteri Bhagwant Mann.

Pemerintah negara bagian akan memperluas kerja penyelidikan, termasuk bantuan dari lembaga pusat seperti Badan Investigasi Nasional (NIA).

Departemen dalam negeri Punjab kemudian mengirim surat kepada ketua pengadilan tinggi Punjab dan Haryana untuk meminta penyelidikan yang dilakukan hakim pengadilan tinggi.

Sebelumnya diberitakan, Sidhu Moose Wala (28) tewas karena ditembak orang tak dikenal pada Minggu (29/5/2022) malam waktu India.

Baca juga: Rapper Terkenal India Sidhu Moose Wala Tewas Ditembak

Menurut hasil otopsi, 25 luka akibat peluru ditemukan di tubuh Sidhu Moose Wala.

Sidhu menderita luka dalam yang cukup serius karena pelurunya mengenai dada, perut dan kaki kanannya.

Siku kanan rapper sekaligus anggota Kongres Nasional India itu juga patah karena luka tembak.

Insiden penembakan terjadi ketika Sidhu Moose Wala mengemudikan mobilnya menuju desanya di Mansa, sebuah distrik di negara bagian Punjab, India utara.

Sidhu sempat dibawa ke rumah sakit, tetapi nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com