Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Film-film Hong Kong Kembali Ramaikan Balinale 2022

Kompas.com - 24/05/2022, 09:51 WIB
Ady Prawira Riandi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - "Making Waves - Navigators of Hong Kong Cinema" menjadi tema program pemutaran film-film Hong Kong di Balinale 2022.

Program pemutaran film ini sekaligus menandai perayaan tahun ke-25 Hong Kong menjadi Wilayah Administratif Khusus (SAR).

Film-film Hong Kong yang akan diputar di Balinale pada 9-12 Juni 2022 akan menjadi rangkaian setelah keberhasilan pemutaran di Udine, Italia.

Making Waves yang merupakan persembahan Create Hong Kong untuk Balinale dan didukung oleh Kantor Ekonomi dan Perdagangan Hong Kong.

Baca juga: Balinale Film Festival Siap Digelar Juni 2022

Selain menampilkan enam film produksinya, Create Hong Kong juga menawarkan konvergensi teknologi mutakhir yang dimilikinya.

Pameran virtual karya empat fotografer unit Hong Kong juga temu-sapa yang inovatif dengan sutradara terkenal Stanley Kwan melalui HoloPresence™ dan didukung oleh ARHT Media.

Presentasi Hologram ini seperti menghadirkan Stanley Kwan di tengah-tengah penonton di Balinale.

Stanley dijadwalkan untuk melakukan interaksi sebelum pemutaran film Rouge, karya masterpiece-nya yang sudah direstorasi.

Baca juga: Timo Tjahjanto Sebut The Night Comes for Us Terinspirasi dari Film Hong Kong

Pendiri dan Direktur Eksekutif Balinale, Deborah Gabinetti mengatakan bahwa ia sangat senang dapat menghadirkan pilihan film baru yang luar biasa dan film klasik yang sudah direstorasi sekaligus memperlihatkan pencapaian dan kekayaan Sinema Hong Kong.

“Kami sangat penasaran dan menantikan untuk pertama kalinya di Indonesia presentasi hologram langsung yang unik dari tim Stanley Kwan dalam menghadirkan film Rouge yang sudah menjadi karya klasik dan sudah menjalani proses restorasi,” kata Gabinetti.

Law Kin-wai, Direktur Jenderal HKETO (Kantor Ekonomi dan Perdagangan Hong Kong), mengatakan, pihaknya senang mendukung program bertajuk Making Waves di Balinale.

“Program multifaset ini menampilkan karya para pembuat film Hong Kong yang menjanjikan dan mapan, berbagi dengan penonton Indonesia keragaman dan kreativitas industri film kami,” kata Law.

Baca juga: Film Sepeda Presiden Luncurkan Poster Resmi di Balinale

Keenam film yang ditampilkan dalam program "Making Waves Balinale" adalah Breakout Brother, Drifting, Hand Rolled Cigarette, Septet: The Story of Hong Kong, Infernal Affairs (Restorasi), dan Rouge (Restorasi).

Setelah Udine dan Bali, program "Making Waves" akan melakukan perjalanan ke kota-kota lain, di antaranya adalah Shanghai, London, Bangkok, Hong Kong, Kopenhagen, Sydney, Seoul, Singapura, Stockholm, Tokyo, Warsawa, Praha, dan Dubai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com