Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2022, 04:28 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

Sumber Comicbook

KOMPAS.com - Menyusul pengumuman Dewan Gubernur The Academy bahwa Will Smith telah dilarang menghadiri semua acara Academy, termasuk Oscar, selama 10 tahun, aktor tersebut memberi tanggapan.

Ia merilis sebuah pernyataan dalam satu kalimat singkat.

"Saya menerima dan menghormati keputusan The Academy," kata Will Smith, dilansir Comicbook, Sabtu (9/4/2022).

Baca juga: Tampar Chris Rock, Will Smith Di-blacklist dari Oscar Selama 10 Tahun

Larangan terhadap Will Smith dan pengunduran dirinya dari The Academy terjadi setelah aktor tersebut menampar komedian Chris Rock di panggung Academy Awards ke-94.

Selama acara, saat Rock berjalan di atas panggung untuk mempersembahkan Oscar untuk Fitur Dokumenter Terbaik, komedian tersebut membuat lelucon terkait istri Smith, Jada Pinkett Smith, yang merujuk pada kepalanya yang plontos dan membandingkannya dengan film yang dibintangi Demi Moore, G.I. Jane.

Pinkett Smith sendiri diketahui mengidap alopecia dan telah membahasnya ke publik.

Baca juga: Ibu Will Smith Komentari Insiden Penamparan Chris Rock di Oscar 2022

Perlu dicatat bahwa hukuman yang diberikan oleh The Academy adalah melarang Smith menghadiri acara AMPAS, termasuk Oscar, selama sepuluh tahun.

Biasanya pemenang Aktor/Aktris Terbaik tahun sebelumnya akan mengumumkan penghargaan untuk tahun depan.

Namun, dengan adanya sanksi tersebut, Will Smith tidak layak melakukannya.

Baca juga: Popularitas Will Smith Menurun Setelah Tampar Chris Rock

Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa keputusan Dewan Gubernur untuk melarang Smith dari acara mereka selama satu dekade tidak mencegahnya dinominasikan atau memenangi penghargaan lain di Oscar selama waktu itu, dia hanya tidak akan hadir untuk menerima piala jika menang.

Sebelumnya, dalam sebuah pernyataan resmi, The Academy mengumumkan bahwa Smith telah dilarang menghadiri Oscar untuk jangka waktu 10 tahun, mulai Jumat, 8 April 2022.

Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program The Academy apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk tapi tidak terbatas pada Academy Awards.

Baca juga: Adik Chris Rock Minta The Academy Tarik Kembali Piala Oscar Will Smith

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan dari banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang Tuan Smith tunjukkan di atas panggung," pernyataan dari Dewan Gubernur.

Selain itu, mereka juga meminta maaf karena ketika insiden itu terjadi, pihak The Academy merasa tidak cukup menangani situasi di dalam ruangan.

"Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga The Academy kami di seluruh dunia, dan kami gagal, tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar mereka.

Baca juga: Mel Gibson Tolak Komentari Skandal Will Smith, Ini Alasan Sebenarnya

Dewan Gubernur melanjutkan, mereka ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Chris Rock karena menjaga ketenangannya dalam keadaan luar biasa itu.

Mereka jug berterima kasih kepada para host, nomine, presenter, dan pemenang atas ketenangan dan pengertian mereka selama siaran Oscar berlangsung.

"Tindakan kami yang diambil hari ini sebagai tanggapan atas perilaku Will Smith adalah langkah menuju tujuan yang lebih besar untuk melindungi keselamatan para pemain dan tamu kami, dan memulihkan kepercayaan pada The Academy," ujar mereka.

"Kami juga berharap ini dapat memulai waktu penyembuhan dan pemulihan untuk semua yang terlibat dan terkena dampak," lanjutnya.

Baca juga: Ironi Will Smith, Menang Oscar 2022 lalu 10 Tahun Dilarang Hadir di Malam Penghargaan Academy Awards

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com