Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2022, 04:26 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

Sumber Comicbook

KOMPAS.com - Insiden Will Smith menampar Chris Rock di panggung Academy Awards ke-94 lebih dari seminggu yang lalu tidak hanya menjadi perbincangan hangat, tetapi juga berdampak pada popularitas Smith.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Morning Consult, dilansir dari Comicbook, Rabu (6/4/2022), opini publik tentang Smith telah turun secara signifikan setelah insiden penamparan tersebut.

Menurut laporan Morning Consult, peringkat kesukaan Smith hanya 50 persen – mencerminkan penurunan 30 persen dari survei Januari 2020.

Baca juga: Mel Gibson Tolak Komentari Skandal Will Smith, Ini Alasan Sebenarnya

Selain penurunan popularitas Smith, dua pertiga responden jajak pendapat Morning Consult menunjukkan bahwa mereka menganggap tanggapan Smith terhadap lelucon Rock tidak pantas.

Seperempat menemukan tanggapan yang sesuai, dan 9 persen tidak tahu atau tidak memiliki pendapat tentang masalah tersebut.

Sementara itu, 49 persen mengindikasikan bahwa Smith seharusnya dikeluarkan dari Oscar dan hanya 36 persen yang mendukungnya tetap tinggal.

Baca juga: Will Smith Disarankan Rehat dari Dunia Akting Usai Insiden Tampar Chris Rock di Oscar 2022

Menariknya, popularitas Rock setelah insiden itu justru mencapai sekitar 60 persen.

Di luar penurunan popularitas Smith, laporan tersebut memiliki beberapa data menarik lainnya tentang insiden tersebut.

Menurut laporan mereka, lebih banyak orang Amerika yang menaruh perhatian pada tamparan Oscar yang terkenal itu daripada kebanyakan acara berita utama — hanya invasi Rusia ke Ukraina yang menandingi kejenuhan informasi sebesar 88 persen.

Baca juga: Usai Insiden Tampar Chris Rock di Oscar, Bagaimana Kelanjutan Proyek Film Will Smith?

Masih ada dampak bagi Smith setelah insiden Oscar. Awal bulan ini dilaporkan bahwa proyek film biografi sang aktor yang saat ini sedang dijajakan di Hollywood berada dalam bahaya dengan Netflix dan Apple dilaporkan telah menarik tawaran mereka.

Selain itu, film baru Will Smith, Fast and Loose, mungkin juga ditunda karena Netflix memprioritaskan Fall Guy dari Ryan Gosling sebagai gantinya.

Adapun Academy of Motion Pictures Arts and Sciences masih mempertimbangkan tindakan disipliner terhadap Smith, yang secara resmi mengundurkan diri dari The Academy pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Comicbook
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com