Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2022, 04:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

Sumber Comicbook

KOMPAS.com - Setelah Will Smith menampar Chris Rock di panggung The Academy Awards dua minggu lalu, aktor tersebut mengundurkan diri dari The Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Namun, sekarang hukuman lain telah diberikan oleh Dewan Gubernur The Academy.

Dalam sebuah pernyataan resmi, The Academy mengumumkan bahwa Smith telah dilarang menghadiri Oscar untuk jangka waktu 10 tahun, mulai Jumat, 8 April 2022.

Baca juga: Insiden Penamparan Will Smith di Oscar Dituding Terkait Promosi Pfizer, Benarkah?

Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program The Academy apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk Academy Awards.

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan dari banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang Tuan Smith tunjukkan di atas panggung," pernyataan dari Dewan Gubernur.

Selain itu, mereka juga meminta maaf karena ketika insiden itu terjadi, pihak The Academy merasa tidak cukup menangani situasi di dalam ruangan.

Baca juga: Ibu Will Smith Komentari Insiden Penamparan Chris Rock di Oscar 2022

"Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga The Academy kami di seluruh dunia, dan kami gagal, tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar mereka.

Dewan Gubernur melanjutkan, mereka ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Chris Rock karena menjaga ketenangannya dalam keadaan luar biasa itu.

Mereka jug berterima kasih kepada para host, nomine, presenter, dan pemenang atas ketenangan dan pengertian mereka selama siaran Oscar berlangsung.

Baca juga: Popularitas Will Smith Menurun Setelah Tampar Chris Rock

"Tindakan kami yang diambil hari ini sebagai tanggapan atas perilaku Will Smith adalah langkah menuju tujuan yang lebih besar untuk melindungi keselamatan para pemain dan tamu kami, dan memulihkan kepercayaan pada The Academy," ujar mereka.

"Kami juga berharap ini dapat memulai waktu penyembuhan dan pemulihan untuk semua yang terlibat dan terkena dampak," lanjutnya.

Baca juga: Adik Chris Rock Minta The Academy Tarik Kembali Piala Oscar Will Smith

Anggota Dewan Gubernur sendiri berasal dari berbagai caban termasuk sebagian sutradara Steven Spielberg, penulis skenario Eric Roth, penulis skenario Larry Karaszewski, aktris Whoopi Goldberg, dan sutradara Ava DuVernay.

Ada 54 orang duduk di dewan, dengan pertemuan disipliner mereka tentang Smith bergerak naik sehubungan dengan pengunduran diri Smith dari The Academy yang mereka terima.

Sebelumnya, setelah meminta maaf secara terbuka kepada publik, The Academy, dan Chris Rock, Will Smith mengundurkan diri dari keanggotaannya di Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), seperti dilansir dari People, Sabtu (2/4/2022).

Baca juga: Film Biopik Will Smith Dilaporkan dalam Bahaya

“Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya sepenuhnya menerima setiap dan konsekuensi atas perilaku saya," kata Will Smith dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari People.

"Tindakan saya pada Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan,” lanjut bintang film King Richard tersebut.

Aktor berusia 53 tahun itu mengatakan, banyak orang yang tersakiti karena tindakannya. Termasuk Chris Rock, keluarganya, teman-teman dan orang-orang terkasihnya, semua yang hadir, dan penonton di rumah.

Baca juga: Ironi Will Smith, Menang Oscar 2022 lalu 10 Tahun Dilarang Hadir di Malam Penghargaan Academy Awards

Aktor Terbaik Oscar 2022 itu kemudian menyebut bahwa ia telah mengkhianati kepercayaan The Academy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Comicbook
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com