Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dapat Persetujuan, Jenazah Tangmo Nida Diotopsi Ulang Hari Ini

Kompas.com - 17/03/2022, 07:01 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Institut Pusat Ilmu Forensik (CIFS) akan melakukan otopsi tambahan pada tubuh aktris Nida Patcharaveerapong atau Tangmo Nida pada hari ini, Kamis (17/3/2022) untuk mengonfirmasi penyebab kematiannya.

Thanakrit Jitta-areerat, sekretaris menteri kehakiman, mengatakan pada hari Rabu bahwa 15 anggota dewan institut memberikan suara bulat untuk melakukan postmortem lain.

Jenazah aktris tersebut dipindahkan dari Institut Kedokteran Forensik Rumah Sakit Umum Polisi ke kampus Universitas Rangsit Rumah Sakit Thammasat pada hari Selasa (15/3/2022).

Itu dilakukan sambil menunggu lampu hijau dari CIFS untuk penyelidikan medis lain guna menghilangkan keraguan publik.

Baca juga: 3 Perjalanan Hasil Otopsi Tangmo Nida

Otopsi kedua jenazah Tangmo Nida akan dilakukan di rumah sakit universitas.

Pada hari Senin (14/3/2022), dokter dari Rumah Sakit Umum Polisi memberi ibu Nida Panida Sirayootyotin dan pengacaranya Krissana Sriboonpimsuay penjelasan rinci tentang keadaan kematiannya.

Dalam pernyataan yang diberikan hari Senin, dokter RS Polisi menyebut tidak ada bukti kejahatan yang terungkap.

Mereka mengatakan tidak menemukan adanya gigi yang patah seperti ramai diberitakan. Ini diketahui setelah dokter forensik membuka mulut Tangmo untuk melihat apakah giginya lengkap.

Selain itu, tidak ditemukan adanya kekerasan fisik. Luka besar di bagian paha dalam Tangmo mengenai tendon yang disebabkan oleh obyek tajam, tapi masih belum diketahui penyebabnya.

Sementara soal pembusukan di wajah, dalam pernyataannya mereka mengatakan itu  merupakan ciri khas proses pembusukan jenazah.

Baca juga: Otopsi Ulang Jenazah Tangmo Nida Ditunda

 

Kemudian tentang memar di tubuh dalam foto yang beredar sebenarnya adalah saat jenazah belum dibersihkan, karena setelah dibersihkan ternyata tidak ada memar sama sekali.

Penjelasan itu juga termasuk dalam laporan yang dikirim ke penyidik dari kantor polisi Muang di Nonthaburi pada hari Senin.

Panida mengatakan penjelasan polisi telah menghilangkan keraguannya tentang apa yang menyebabkan kematian putrinya, tetapi dia ingin verifikasi dari otopsi lain.

Tangmo Nida sebelumnya diberitakan jatuh ke Sungai Chao Phraya di distrik Muang, Nonthaburi pada malam 24 Februari 2022 saat bepergian dengan speedboat bersama lima orang lainnya.

Jenazahnya baru ditemukan dua hari kemudian, mengapung tak jauh dari lokasi dia dikabarkan jatuh.

Polisi mengatakan kematian itu tidak disengaja tetapi belum menyelesaikan penyelidikan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com