Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gagal Paham, 10 Merek Indonesia Ini Tidak Ikut Paris Fashion Week

Kompas.com - 08/03/2022, 12:59 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial tengah dihebohkan dengan klaim beberapa merek lokal tampil di Paris Fashion Week 2022.

Padahal, nama brand tersebut tidak muncul dalam jadwal resmi yang dirilis di akun Instagram Paris Fashion Week.

Klaim tersebut cukup membingungkan publik, terlebih beberapa merek Indonesia yang tampil di Paris bukan dari industri fesyen saja.

Meluruskan hal tersebut, Ketua Bakominfo Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Ifan Seventeen buka suara lewat video yang dia unggah di akun Instagram-nya.

Baca juga: Ternyata Ada 2 Desainer Indonesia yang Punya Jadwal di Paris Fashion Week

Kata Ifan, brand Indonesia yang tampil di Paris bukan tampil di Paris Fashion Week 2022 yang diselenggarakan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), melainkan tampil di acara fashion show di Paris yang didukung oleh Bakominfo Gekrafs dan Kementerian Parisiwata.

"Di sekitaran event Paris Fashion Week yang dari FHMC itu banyak banget event-event fashion show juga dan di tahun ini Gekrafs juga Kemenpar itu mengajak brand-brand yang memang menurut kami kompeten untuk berangkat ke sana," ucap Ifan, dikutip Kompas.com dari Instagram @ifanseventeen, Selasa (8/3/2022).

Acara yang didukung oleh Gekrafs dan Kemenpar itu dinamai Paris Fashion Show During (at) Paris Fashion Week.

Terdapat 10 merek lokal yang tampil pada acara tersebut, yaitu SCARLETT x IKYK, Greenlight x Danjyo Hiyoji, 3 Second x Ican Harem, La Sabelle x Em En Hair Design, Brand No Brand, Yanti Adeni x Ayam Geprek Bensu, Shademulsk, Shade Signature, Dekranasda Banjar Baru, dan Chayra by Tika Ramlan.

Baca juga: Banyak Klaim Merek Indonesia Hadir di Paris Fashion Week, Ifan Seventeen: Yang Penting Jangan Menyertai Logo FHCM

Soal merek non-fesyen yang ikut tampil di acara tersebut, Ifan mengatakan bahwa mereka berkolaborasi dengan desainer agar bisa ikut berangkat ke Paris.

Memang ada beberapa selebgram atau influencer yang mengeklaim acara fashion show di Paris itu sebagai Paris Fashion Week 2022. Namun, kata Ifan, hal itu tidak salah asalkan tidak mencantumkan logo FHCM selaku penyelenggara Paris Fashion Week.

"Banyak sekali yang menamai denga Paris Fashion Week, apakah itu salah? Jawabannya tidak, bahkan kalau mereka menamai itu sebenarnya enggak apa-apa yang penting jangan menyertai logo dari FHCM tersebut," kata Ifan.

Adapun desainer Indonesia yang resmi terdaftar mengikuti ajang Paris Fashion Week 2022 adalah Jewel Rock dan Sean Sheila.

Sean Sheila adalah merek fesyen yang berdiri sejak tahun 2014, sedangkan Jewel Rocks adalah merek lokal asal Bali.

Baca juga: 6 Hal tentang Paris Fashion Week yang Jarang Diketahui

Dua merek asal Indonesia itu tercatat masuk slot showroom di Paris Fashion Week 2022.

"Bertujuan untuk memberdayakan bakat kreatif Asia Tenggara untuk memperkenalkan merek masa depan yang bertanggung jawab, kampanye 'Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency' akan menampilkan koleksi AW'22 dari desainer Indonesia yang baru muncul selama Paris Fashion Week, di ruang pamer khusus di Palais Brongniart yang ikonik," demikian pengumuman di website resmi Paris Fashion Week.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com