Kompas.com - 08/03/2022, 09:07 WIB

KOMPAS.com - Paris Fashion Week yang digelar dua kali dalam satu tahun selalu mencuri perhatian para pencinta mode.

Megahnya pesta dan persaingan para desainer yang ditunjukan di runway jadi magnet Paris Fashion Wekk.

Jadi ajang presentasi koleksi baru para desainer, berikukt 6 fakta Paris Fashion Week yang jarang diketahui.

Pencetus Konsep Catwalk

Peragaan busana atau Défilés de mode sudah dilakukan lebih dari 170 tahun. Tapi konsep catwalk mulanya berasal dari Paris Fashion Week. Konsep ini muncul pada tahun 1970-an yang akhirnya jadi tolok ukur gelaran pekan mode di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Heboh Merek Indonesia Disebut Nebeng Nama Paris Fashion Week, Ini Penjelasan Ketua Bakominfo Gekraf

Bermula dari Manekin

Pada abad ke-18, peragaan busana merupakan proses pertukaran bisnis antara desainer dengan klien. Gaun yang dibuat oleh desainer dipamerkan lewat manekin.

Namun sulit bagi klien melihat penampakan gaun tersebut, sehingga saat itu Charles Frederick Worth, bapak Haute Couture, memunculkan ide memakaikan gaun desainer pada model manusia.

Persyaratan Haute Couture

Haute Cuture atau adibusana, pakaian custom yang dibuat untuk klien, yang masuk dalam satu dari tiga kategori koleksi Paris Fashion Week, memiliki syarat ketat.

Baca juga: Bintang Squid Game, Jung Ho Yeon Kembali ke Runway Lewat Paris Fashion Week

Studio mode bisa dilabeli sebagai Haute Couture ketika mereka bisa memamerkan minimal 35 koleksi pakaian per musim termasuk pakaian siang dan malam hari. Aturan ini dibuat pada tahun 1945 oleh badan pengatur standar rumah mode Chambre Syndicale de la Haute Couture.

Paris Fashion Week Pertama

Pekan mode Paris pertama digelar pada 28 Novembe 1973 di Istana Versailles yang diawasi oleh Eleanor Lambert, pendiri New York Fashion Week.

Acara tersebut digelar dengan tujuan menggalang dana untuk merestorasi kerajaan Prancis. Ada tiga koleksi yang dipamerkan yaitu Haute Couture, koleksi siap pakai, dan pakaian pria.

Baca juga: Apa Itu Paris Fashion Week?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.