Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inul Daratista Luncurkan Aplikasi Keyta, Mudahkan UMKM Memasarkan Jualannya

Kompas.com - 22/02/2022, 17:16 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Inul Daratista meluncurkan aplikasi untuk pelaku UMKM. Aplikasi tersebut diberi nama Keyta.

Inul mengatakan, aplikasi ini dibuat awalnya dari keresahannya sebagai pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online.

“Karena aku sebagai pelaku UMKM. Jualan saya yang kecil- kecil banyak ya. Jadi ini sangat membantu banget karena sebelum-sebelumnya pusing bagaimana semua ter-handle dengan bagus, dengan rapi,” ujar Inul di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022).

Saat mengalami kesulitan untuk memasarkan jualan onlinenya itu, ia dikenalkan kepada keponakan temannya yang bernama Jacqueline Latip.

Baca juga: Anak Terkena DBD, Inul Daratista Bingung Cari Lokasi Sumber Nyamuk

Inul akhirnya bekerja sama dengan Jacqueline untuk membuat suatu aplikasi untuk memudahkan para penjual online seperti dirinya mengoptimalkan produktivitas.

“Ini strategi bagus di masa pandemi sekarang ini. Aku melihat para pebisnis UMKM ini sudah merajalela di Indonesia. Apalagi enggak bisa ke luar, enggak bisa ke mana-mana. Makanya pakai aplikasi online gitu. Bagaimana akses online ini membantu operasional mereka (pelaku UMKM) sehari-harinya” kata Inul.

Inul mengatakan, aplikasi Keyta ini bekerja sama dengan program dari Pemerintah yang mau mendukung UMKM menjadi digital.

Baca juga: Anak Sempat Terkena DBD, Inul Daratista: Rumah Kita Terlalu Bersih Kali ya

Apalagi aplikasi Keyta bisa dengan mudah digunakan dengan mendownload-nya di play store.

Dengan aplikasi Keyta, pelaku UMKM dapat menggunakan fitur-fitur seperti autotext, cek dan komparasi ongkir, pemesanan kurir dari belasan ekspedisi secara langsung, pembuatan invoice, analisa toko dan beberapa fitur lainnya.

Terakhir, Inul berharap dengan kehadiran Keyta ini, pelaku UMKM tidak lagi kesulitan untuk menjual barangnya.

“Ketika kita melihat respons bagus. Kemarin pemerintah memberi dukungan yang luar biasa kepada para pelaku bisnis UMKM. Jadi kita berdua aja yaudah kita berdua aja gitu. Mudah-mudahan ini responnya bagus, dipakai ini buat teman-teman (pelaku usaha) gratis,” tutur Inul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com