Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Ikatan Cinta Tegas soal Swab Rutin di Lokasi Syuting, jika Tidak Diminta Keluar

Kompas.com - 10/02/2022, 15:08 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit sinetron di dunia hiburan Tanah Air tetap tampil di layar kaca demi menghibur penonton di tengah pandemi Covid-19.

Di balik upaya menghibur masyarakat, ada strategi yang diterapkan pihak sinetron demi berjalannya proses syuting di tengah pandemi virus corona.

Seperti sinetron Ikatan Cinta yang melaksanakan tes usap (swab) kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam lokasi syuting.

Baca juga: Sutradara Sebut Ikatan Cinta Pindah Lokasi Syuting karena Pandemi Covid-19

Sutradara Ikatan Cinta, Doddy Djanas mengatakan, swab rurin itu dilakukan karena rumah produksi tidak dapat memantau aktivitas para kru dan pemain di luar proses syuting.

Oleh sebab itu, seluruh pihak yang terlibat harus menerima konsekuensi dites usap setiap akan menjalani syuting.

"Karena kami tidak tahu para pemain dan kru hari Minggu-nya ke mana. Kalau ada yang tidak mau swab, saya bilang 'mending pergi dari sini'. Alhamdulillah sampai saat ini kami sehat," kata Doddy seperti dikutip dari JEO Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Sebagai informasi, sebelumnya Ikatan Cinta menjalani syuting di Studio Persari, Jakarta Selatan.

Baca juga: Profil Larasati Nugroho, Pemeran Jessica di Ikatan Cinta

Kini, syuting berlangsung di Beth Kasegaran Theresia (BKT) Senior Living & Resort, Megamendung, Jawa Barat.

Sejumlah aktris dan aktor yang terlibat harus menjalani syuting dari Senin hingga Sabtu. Mereka disediakan penginapan oleh rumah produksi.

Bukan menghindari ataupun bersembunyi saat ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kala itu diterapkan, tetapi ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan.

Doddy Djanas berujar, hal tersebut demi keselamatan para pemain serta kru Ikatan Cinta saat syuting berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

"(Di Megamendung) Pagar tinggi, sekuritinya sangat ketat. Jadi, kami bisa menjaga orang (masuk ke area syuting selain pemain dan kru). Kalau di Persari, ujung ke ujung bisa masuk, orang dari belakang, dari samping, tiba-tiba masuk," ujar Doddy Djanas.

Berbeda di BKT, Doddy Djanas menyebut pintu masuk ke area syuting hanya ada tiga dan itu dijaga ketat oleh petugas keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com