Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anang Hermansyah Nostalgia Kehidupan di Potlot

Kompas.com - 10/02/2022, 13:45 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anang Hermansyah berkesempatan mengunjungi Potlot, markas besar Slank yang berada di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Potlot adalah tempat lahir banyak musisi seperti GIGI, Ari Lasso, hingga Anang Hermansyah. Sebagai informasi, dari Potlot Anang pernah membentuk band Kidnap Katrina sebelum memutuskan menjadi penyanyi solo.

Anang menemui Kaka dan Bimbim Slank di Potlot. Dia bercerita bahwa keduanya berperan besar dalam kariernya di industri musik Tanah Air.

"Dulu yang ngajarin aku sampai begini, Mas Bimbim, tapi yang nemenin aku di sini zaman dulu Kaka," ucap Anang dikutip Kompas.com dari YouTube The Hermansyah A6, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Anang Hermansyah Hadirkan Mainan Congklak lewat NFT

Anang mulai bergabung dengan komunitas Potlot karena Parlin Burman alias Pay. Kata Anang, dia rutin datang ke Potlot sejak pagi-pagi buta hingga akhirnya diberikan kamar sendiri di markas Slank itu.

Banyak hal yang dikenang Anang saat mengunjungi Potlot. Dia dan Bimbim menceritakan kegiatan rutin di malam minggu yaitu bermain ke mal di Kalibata.

"Hiburan kita paling dekat, Kalibata," ucap Bimbim.

"Kalibata mal, malam minggu, sore, aku sama Kaka sore ya nongkrongnya di Kalibata Mall," sambung Anang.

Baca juga: Anang Hermansyah Sudah Siapkan Hadiah untuk Cucu Pertama dan Siap Jadi Kakek

Kata Anang, Ahmad Dhani dan Ari Lasso juga sering nongkrong di Potlot, menginap di kamarnya. Suatu hari Anang bahkan sempat diberi bunga oleh Ahmad Dhani saat berulang tahun.

"Awal-awal Dewa 19 sampai Jakarta nongkrongnya di sini dulu sebetulnya, Dhani itu pernah di kamarku tidur," ucap Anang.

"Dulu sering mampir ke kamar nongkrong, atau nongkrong di depan, aku ulang tahun itu dikirimin bunga gede," sambungnya.

Potlot memang banyak dihuni oleh musisi dari luar kota. Mereka berkumpul bukan hanya nongkrong tapi juga berbagi ilmu soal musik.

Baca juga: Sebentar Lagi Punya Cucu, Anang Hermansyah: Jadi Kakek Milenial

"Mas Bimbim waktu itu sama Kaka open banget," kata Anang.

"Selama masih dunia musik dan kita lihat wah ini talent, ikut (ke Potlot)," ucap Bimbim.

Lewat Potlot, Bimbim ingin menciptakan industri musik sendiri meskipun tidak ada modal. Saat itu cara-cara yang dilakukan adalah mengirim musisi Potlot ke berbagai label rekaman mulai dari Musica Studi hingga Aquarius Musikindo.

Sebelumnya di podcast YouTube AH, Anang juga sempat menceritakan masa-masa mudanya tumbuh di Potlot.

Baca juga: Arsy Ingin Dijodohkan dengan King Faaz, Anang Hermansyah Bilang Begini

Anang mengabsen musisi hebat yang lahir dari Potlot mulai dari Slank, BIP, The Flowers, Oppie Amdaresta, Imanez, hingga GIGI.

"Pusatnya gerombolan musik di Jakarta, pusatnya ya salah satunya Potlot, centernya anak muda buat bermusik. Potlot sangat moncer gara-gara Slank-nya memang luar biasa jadi super grup di Indonesia," kata Anang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com