Kompas.com - 21/01/2022, 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris peran Laura Basuki menemukan sebuah tantangan baru dalam penggarapan film Nana (Before, Now, and Then).

Ia harus mempelajari bahasa Sunda karena seluruh dialog di film tersebut menggunakan Bahasa Sunda.

Karena bukan keturunan Sunda, aktris berusia 34 tahun tersebut harus banyak belajar, terutama di dalam cengkok dan pelafalan eu dalam Bahasa Sunda.

"Sebenarnya yang paling sulit di Bahasa Sunda itu cengkok mereka, eu-nya itu susah banget. Itu yang paling lama, belajar eu-nya itu," kata Laura saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Laura Basuki Tak Pernah Bermimpi Filmnya Masuk Berlinale

Tantangan itu menjadi lebih berat lantaran bahasa Sunda yang digunakan diambil dari latar waktu film di tahun 1950-an.

Lawan main Laura Basuki, Happy Salma yang berasal dari Sukabumi saja menemukan banyak perbedaan kosakata di dialog Nana (Before, Now, and Then).

"Sundanya sangat halus jadi ketika ngobrol sama Teh Happy juga dia bilang banyak sekali kata-kata yang di kuping dia asing karena tahun 1950 dan sekarang itu sudah jauh berbeda bahasanya," ucapnya.

Baca juga: Film Nana (Before, Now, and Then) Masuk Berlinale, Laura Basuki Pulang Kampung

Untungnya, tim produksi sudah menyiapkan mentor bahasa Sunda khusus untuk melatih para pemain.

"Memang kuncinya sih dalam film berbahasa yang bukan bahasa lidah sendiri hafal dulu, sudah hafal disiapkan mentor sastrawan Bandung, jadi mereka yang melatih cara pelafalan, gimana nadanya, arti setiap kata," katanya.

Film Nana (Before, Now, and Then) masuk dalam kompetisi utama Berlinale Film Festival yang akan diselenggarakan pada 10-20 Februari 2022.

Baca juga: Happy Salma Banyak Dengarkan Tembang Cianjuran demi Nana (Before, Now, and Then)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.