Kompas.com - 17/11/2021, 20:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketertarikan pendengar podcast telah tumbuh sangat pesat baik dalam skala global maupun di Indonesia.

Seiring pertumbuhan itu, podcast creator banyak muncul untuk membuat konten dalam memenuhi permintaan pendengar.

Spotify memiliki lebih dari 3,2 juta judul podcast dalam platformnya, sebuah lompatan besar dari sebelumnya yang hanya kurang dari 500.000 pada 2019.

Baca juga: Konten Podcast Dicibir, Deddy Corbuzier Beri Jawaban Menohok

Pertumbuhan pesat itu memunculkan persoalan lama mengenai representasi perempuan di media.

Dapatkah podcast sebagai sebuah format membantu menyetarakan kedudukan perempuan dalam industri ini? Berikut rangkumannya:

Kemunculan Podcaster Original Spotify, Rintik Sedu

Nadhifa Allya Tsana, kreator di balik Podcast Rintik Sedu, menjelaskan bahwa ia melihat podcast sebagai platform yang berpengaruh untuk membagikan perspektif perempuan kepada dunia.

Baca juga: Alasan Ginting Hadiri Podcast Antonsen Jelang Indonesia Masters 2021

“Podcast menghilangkan batasan-batasan serta aturan yang kita temui dalam platform tradisional, yang telah berperan dalam membatasi suara perempuan selama beberapa dekade. Podcast berbeda," kata Tsana dikutip dari siaran pers tertulis, Rabu (17/11/2021).

Senada dengan Tsana, Carl Zuzarte, Head of Studios at Spotify SEA, menyampaikan bahwa orang-orang dengan latar belakang dan identitas yang beragam memiliki kesempatan yang sama untuk meraih prestasi di podcast.

Baca juga: Datangkan Luhut Binsar Pandjaitan ke Podcast, Deddy Corbuzier: Pak, Kalau Saya Disomasi, Minta Tolong Ya

"Podcast mampu menyamakan kedudukan perempuan dalam industri yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki, dengan meminjamkan kekuatan audio kepada siapa saja yang memiliki ide untuk dibagikan," ucap Carl.

Tsana adalah contoh yang baik bagaimana para podcaster perempuan berprestasi di kancah podcast.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.