Kompas.com - 17/08/2021, 13:30 WIB
Bob Dylan tampil selama Festival Musik Firefly di Dover, Delaware, AS 17 Juni 2017 REUTERS/Mark MakelaBob Dylan tampil selama Festival Musik Firefly di Dover, Delaware, AS 17 Juni 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang perempuan berinisial JC menggugat penyanyi legendaris Bob Dylan karena telah melakukan dugaan tindak pelecehan seksual di tahun 1965.

JC mengaku pernah dilecehkan secara seksual oleh penyanyi legendaris tersebut saat dirinya masih berusia 12 tahun.

Dalam gugatan perdata yang diajukan ke Mahkamah Agung New York, JC mengatakan Bob Dylan melakukan peristiwa tak menyenangkan itu, dan terjadi beberapa kali selama bulan April dan Mei tahun 1965 di apartemennya di Hotel Chelsea, New York City.

Dilansir CNN, Selasa (17/8/2021), juru bicara Bob Dylan membantah tudingan tersebut.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Maggies Farm - Bob Dylan

"Gugatan yang terjadi 56 tahun lalu itu tidak benar dan kami akan memperjuangkan kebenarannya," kata juru bicara Bob Dylan.

Sementara itu, pengacara JC mengklaim, Dylan juga memanfaatkan statusnya saat itu sebagai musisi untuk mencekoki alkohol, obat-obatan, ancaman kekerasan fisik, serta meninggalkan luka emosional serta psikologis bagi kliennya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam gugatannya, JC mengaku sangat menderita secara mental akibat pelecehan seksual yang dialaminya saat itu.

"Kejadian itu membuat saya terluka secara emosional dan psikologis saya juga terganggu sampai hari ini," kata JC dalam laporannya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Tonight Ill be Staying Here with You - Bob Dylan

JC melayangkan gugatan tersebut sehari sebelum Undang-undang Anak New York ditutup.

Undang-undang yang disahkan pada 2019 ini memungkinkan korban pelecehan seksual masa kanak-kanak untuk diproses secara hukum terlepas dari berapa lama klaim itu terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.