Kompas.com - 02/07/2021, 08:54 WIB
Deddy Corbuzier saat menceritakan Syekh Ali Jaber Tangkapan layar YouTube Deddy CorbuzierDeddy Corbuzier saat menceritakan Syekh Ali Jaber

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) melayangkan somasi kepada presenter Deddy Corbuzier dan komika Mongol Stres karena dinilai melakukan penyesatan informasi, data, dan fakta mengenai Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Somasi tersebut telah ditandatangani 86 badan/organisasi yang terdiri dari organisasi penyandang disabilitas, organisasi perempuan, organisasi HAM, lembaga-lembaga bantuan hukum, dan organisasi masyarakat sipil maupun institusi lainnya, beserta 75 individu.

Somasi ini dilayangkan atas percakapan keduanya di dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier dengan judul "ORANG GILA BEBAS COVID?????? DEDDY CORBUZIER PODCAST ? MONGOL" yang tayang pada 24 Juni 2021.

Tak tahu

Deddy Corbuzier bersumpah dan mengaku tidak mengetahui sebutan kata "orang gila" yang digunakan adalah sebuah kesalahan.

Deddy Corbuzier mengatakan, kata tersebut dia ambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai judul konten YouTube-nya dengan komika Mongol Stres.

Baca juga: Deddy Corbuzier Diminta Tarik Konten yang Dinilai Sesatkan Informasi soal ODGJ

"Sumpah deh.. Saya ga tau kalau kata kata itu salah.. Jujur sih saya kaget krn saya cek di KBBI masih pakai kata 'Gila' dan saya baru Paham ada kata ODGJ. Artinya saya ga pinter dan gak update nih.. Maaf kan yaa.......," ujar Deddy Corbuzier dalam keterangan tertulis Instagram-nya, Kamis (1/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Permintaan maaf

Mengakui kesalahannya karena istilah "orang gila" sudah tidak etis untuk digunakan, Deddy Corbuzier akhirnya meminta maaf.

"Maafkan kamiii. Maafkan kebodohaaaan dan sempitnya pengetahuan sayaaaaaa. Saya cuma youtuber biasa yang banyak salaaaaaah… maaf," tulis Deddy Corbuzier.

Bela Mongol

Mengenai pernyataan Mongol Stres yang mengeklaim ODGJ tidak akan terpapar virus corona, Deddy Corbuzier juga meminta maaf.

Namun, Deddy Corbuzier meluruskan maksud pernyataan Mongol masuk ke dalam konteks komedi.

Baca juga: Deddy Corbuzier Tak Tahu Sebutan Orang Gila adalah Sebuah Kesalahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.