Kompas.com - 01/07/2021, 14:10 WIB
Deddy Corbuzier saat menceritakan Syekh Ali Jaber Tangkapan layar YouTube Deddy CorbuzierDeddy Corbuzier saat menceritakan Syekh Ali Jaber

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) melayangkan somasi kepada Deddy Corbuzier dan Mongol Stres.

Deddy Corbuzier dan Mongol disomasi karena dinilai telah menyesatkan informasi, data, dan fakta mengenai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Dalam somasi tersebut, PJS meminta Deddy Corbuzier menarik konten YouTube yang dianggap menyesatkan tersebut dalam waktu 6x24 jam.

PJS juga meminta agar mengupayakan secara serius menghentikan sirkulasi konten tersebut kepada pihak lain.

Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kekeliruan, penghinaan, dan perilaku mengolok-olok yang sudah terlanjur dilakukan.

Baca juga: Deddy Corbuzier Tak Tahu Sebutan Orang Gila adalah Sebuah Kesalahan

"Menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait podcast tersebut kepada seluruh ODGJ/PDM serta masyarakat, dan berjanji tidak mengulanginya lagi," ujar PJS dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Somasi tersebut telah ditandatangani oleh 86 badan atau organisasi yang terdiri dari organisasi penyandang disabilitas, organisasi perempuan, organisasi HAM, lembaga-lembaga bantuan hukum, dan organisasi masyarakat sipil maupun institusi lainnya, beserta 75 individu.

Somasi ini dilayangkan atas percakapan Deddy dan Mongol di kanal YouTube Deddy Corbuzier dengan judul "ORANG GILA BEBAS COVID?????? DEDDY CORBUZIER PODCAST ? MONGOL" yang tayang pada 24 Juni 2021.

"Sebutan 'orang gila' sudah tidak pantas digunakan untuk orang yang memiliki masalah kejiwaan. Penyebutan yang etis dan bermartabat adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)/Penyandang Disabilitas Mental (PDM)," bunyi keterangan tertulis tersebut.

Baca juga: Tak Paham Ada Istilah ODGJ Berujung Somasi, Deddy Corbuzier: Saya Enggak Update

Pernyataan tersebut merujuk pada Pasal 1 Ayat 3 Undang Undang RI Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa dan Pasal 7 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.