BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mola

Diadaptasi dari Novel Best Seller, Begini Jalan Cerita Serial Poldark yang Bikin Ambyar

Kompas.com - 13/06/2021, 21:06 WIB
Serial drama klasik Britania Raya, Poldark, sukses bikin penonton penasaran. Dok. MolaSerial drama klasik Britania Raya, Poldark, sukses bikin penonton penasaran.

KOMPAS.com – Bagi penggemar film atau serial klasik, serial drama Poldark dapat menjadi tontonan menarik untuk mengisi akhir pekan.

Serial tersebut diadaptasi dari novel seri berjudul sama karya Winston Graham. Untuk diketahui, novel seri ini pertama kali terbit pada 1945 dengan judul Poldark: Ross Poldark.

Novel tersebut disambut baik oleh pembaca. Terbukti, setelah menerbitkan seri pertama, Graham menerbitkan 11 seri Poldark hingga 2002.

Kemudian, karya Graham yang diadaptasi untuk serial TV pada 1975 dan 2015. Khusus untuk adaptasi 2015 yang digarap BBC, serial Poldark mendapat sambutan positif, baik dari penonton maupun kritikus film.

Baca juga: Sinopsis Poldark, Perjuangan Poldark Mengubah Nasibnya

Serial yang terdiri dari 5 musim tersebut mendapatkan skor 91 persen khusus season 1 di situs aggregator Rotten Tomatoes. Kemudian, season 2 dengan skor 80 persen, season 3 100 persen, season 4 81 persen, dan season 5 86 persen.

Kritikus film The New York Times, Sarah Seltzer, menyebut Poldark sebagai serial yang mampu menyuguhjan sinematografi apik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Poldark langsung menyuguhkan scene pemandangan yang dibutuhkan oleh serial bergenre romansa sejarah, yakni tebing curam, ladang hijau, kuda yang berlari kencang, dan lanskap ‘membara’ lainnya, tulis Sarah yang dikutip dari NYTimes.com, Minggu (21/6/2015).

Dari segi penonton, seminggu usai Poldark dirilis pada 2015, penjualan novel Poldark: Ross Poldark langsung meroket 205 persen. Peningkatan ini menunjukkan kepopuleran dari cerita garapan Graham.

Angkat kisah getir romansa Ross Poldark

Mengangkat cerita Inggris di era George. Berlatar di Cornwall, Inggris, pada 1783, kisah Ross Poldark membuat penonton penasaran. Kisahnya dimulai setelah kepulangan Ross dari perang revolusi Amerika.

Berita mengenai kematian ayahnya baru ia dengar saat perjalanan pulang dari medan perang. Karena tak mau sendirian, Ross pun memutuskan untuk mengunjungi pamannya, Charles Poldark.

Baca juga: Rekomendasi 5 Serial Drama Bertema Kerajaan Inggris

Saat memasuki rumah Charles, seisi rumah terkejut dengan kehadiran Ross. Pasalnya, semua orang mengira Ross telah tewas di medan perang.

Melihat semua keluarganya berkumpul, bahkan kekasihnya Elizabeth juga ada, Ross pun tersenyum bahagia. Namun sayang, ia disambut kabar buruk di rumah pamannya tersebut.

“Kami di sini untuk merayakan hal yang lebih menggembirakan daripada kemenangan perang. Putraku akan menikah dengan Elizabeth,” ujar Charles kepada Ross.

Seketika itu, raut wajah Ross berubah muram. Elizabeth yang telah lama ia cintai ternyata mengkhianatinya. Padahal, selama ini Elizabeth menjadi penyemangatnya untuk sembuh dari luka tembakan yang dialami saat perang.

Ross yang dulu gegabah dan pemarah kini telah berubah. Peperangan membuatnya berpikir lebih dewasa. Namun, bukan berarti Ross lemah.

Baca juga: 5 Serial Drama Bertema Kerajaan yang Seru dan Hit

Buktinya, ia menyelamatkan Francis -anak Charles- saat akan tenggelam di dalam tambang miliknya. Bahkan, Ross juga menghadiri acara pernikahan Elizabeth dan Francis.

Bukan hanya cintanya yang gagal, perjuangan memperbaiki bisnis ayahnya yang bangkrut juga penuh tantangan. Lahan penambangan milik ayahnya telah tandus dan tidak memiliki harapan lagi.

Selain mewarisi bisnis yang terancam kolaps, Ross juga mendapatkan warisan berupa utang dengan jumlah yang besar. Meski demikian, Ross tetap yakin dapat memperbaiki segalanya.

Tanpa putus asa, Ross bekerja keras memperbaiki semua aset yang dimilikinya. Beruntung, ia memiliki pekerja yang setia. Mereka pun tanpa mengharapkan imbalan rela membantu Ross untuk kembali bangkit.

Melihat Ross mulai bekerja, teman sekolah Ross, George Warlegan, merasa tersaingi. Ia pun memiliki berbagai rencana licik supaya Ross tidak dapat meraih posisinya sebagai orang kaya lagi.

Baca juga: Euro 2020 - Tonton Lagi Laga Belgia Vs Rusia di Mola Melalui Kompas.com

Tak hanya George, sang paman pun tidak ingin melihat Ross sukses. Dengan dalih tidak ingin masa depan Ross hancur di Cornwall, Charles menyuruh keponakannya itu untuk beralih profesi.

Ia pun berjanji akan membiayai semuanya jika Ross mau pindah ke London. Namun, dengan tegas Ross menolak hal tersebut.

Babak baru dalam kehidupan Ross dimulai saat ia bertemu dengan seorang gadis lugu asal Illorgan, Demelza.

Demelza merupakan seorang perempuan yang selalu dipukul dan disiksa oleh ayahnya serta keenam saudara laki-lakinya. Suatu hari ia melarikan diri dan hampir dipukuli oleh pengunjung pasar.

Ross pun berhasil menyelamatkannya dan mempekerjakan Demelza. Kisah Ross dengan Demelza pun berlanjut. Tanpa disadari, keduanya memiliki rasa satu sama lain. Namun, berbagai masalah datang silih berganti dalam kehidupan Ross.

Baca juga: Siarkan Semua Pertandingan Euro 2020, Mola TV Beri Paket Spesial

Lalu, apakah Ross berhasil sukses dengan percintaan dan bisnis tambangnya?

Anda dapat menyaksikan chemistry Ross Poldark yang diperankan Aidan Turner saat beradu akting dengan Eleanor Tomlinson, pemeran Demelza, melalui layanan berlangganan Mola, baik melalui situs Mola.tv maupun aplikasi di perangkat Android atau iOS.

Selain Poldark, masih banyak serial menarik yang bisa Anda saksikan melalui layanan berbayar Mola. Victoria, contohnya. Kisah kehidupan Ratu Victoria saat naik tahta pada usia 18 tahun tersebut juga digemari pecinta drama klasik Britania Raya.

Bagi pecinta sepak bola, Anda dapat mengikuti kisah Francesco Totti di saat-saat terakhirnya berkarier sebagai pemain bola dari klub AS Roma, dalam One Captian. Selain itu, Mola menayangkan secara lengkap 51 pertandingan Piala Eropa atau EUFA Euro 2020 selama satu bulan, mulai 12 Juni-12 Juli 2021.

Serial drama populer lain, seperti Younger, The Brave, Schitt’s Creek, dan Memoirs of Geisha, juga menjadi pilihan tontonan trending di Mola. Dengan berlangganan sebesar Rp 12.500 per bulan, Anda bisa menikmati kisah dari serial drama popular dunia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar