Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pembuatan Film Dokumenter Gelora Magnumentary: Saparua

Kompas.com - 27/04/2021, 20:50 WIB
Revi C. Rantung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencinta musik rock, metal hingga berbagai genre lainnya,  rasanya wajib menyaksikan film dokumenter Gelora Magnumentary: Saparua, karya sutradara Alvin Yunata.

Film dokumenter garapan sutradara Alvin Yunata yang merupakan gitaris Teenage Death Star ini mengambil perspektif dari sebuah gedung di Bandung bernama Saparua.

Gedung tersebut menjadi saksi kehadiran sejarah pergerakan musim metal, rock dan masih banyak lagi sejak 1970-an hingga 1990an.

Melalui wawancara dengan Kompas.com, Edy Khemod selaku Creative Director dan Alvian menjelaskan alasan pemilihan ide cerita tersebut.

“Akhirnya kita tertarik garap gimana kalau kita bahas bukan skenanya tapi gedungnya (Saparua)” kata Edy Khemod via Zoom, Selasa (27/4/2021).

“Gimana suatu gedung di Bandung ini ternyata jadi tempat lahirnya berbagai budaya populer, karena kalau kita ngerasanya, lahirnya generasi skena independen yang membuat acara, tapi ternyata pas Alvin gali bahkan tahun sebelumnya, dan ternyata sudah dipakai buat kebudayaan,” tambah Edy Khemod.

Alvin juga mengaku tak menyangka begitu banyak fakta yang ditemukan dari Gedung Saparua.

Alvin menyebut begitu banyak musisi yang sempat memakai gedung tersebut. Mulai dari Bimbo hingga God Bless.

“Dulunya pas Khemod dan gue SMP atau SMA di situ kerap kali dijadiin venue musik ya. Tapi ternyata ketika gue bersama Irama Nusantara, gue menemukan arsip banyak hal dan lihat banyak pamflet tahun 63, ternyata musisi-musisi Bandung udah pakai gedung Saparua,” ungkap Alvin.

“Gue cukup kaget, ternyata Saparua ini bukan zaman gue sama Khemod doang, ternyata udah lama,” tambah Alvin.

Sam Bimbo, Arian13 (vokalis Seringai), Dadan Ketu (manajer Burgerkill), Eben (gitaris Burgerkill), Suar (eks vokalis Pure Saturday), dan lain-lain bakal mengisahkan Saparua dalam film dokumenter ini.

Rencananya, film dokumenter musik Gelora Magnumentary: Saparua bakal hadir pada Juni 2021 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com