Kompas.com - 22/04/2021, 10:06 WIB
Artis peran dan penyanyi Maudy Ayunda dalam jumpa pers di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis peran dan penyanyi Maudy Ayunda dalam jumpa pers di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021), aktris Maudy Ayunda berbagi kisah dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam obrolannya, Maudy mengungkapkan masih sering mendengar anggapan perempuan tak perlu berpendidikan tinggi.

Maudy juga punya jurus agar tetap yakin dengan pilihan kuliah S2.

Masih sering dengar anggapan tak perlu

Selama menempuh pendidikan hingga jenjang S2 di Stanford University, Maudy sering mendengar anggapan yang meremehkan pendidikan tinggi bagi perempuan.

"Aku kan memang suka sekolah ya ceritanya dan sekarang aku juga lagi S2. Sering kali dalam perjalanan itu ada banyak orang yang bilang jangan kepintaran atau ngapain sekolah tinggi-tinggi nanti kan ujung-ujungnya enggak akan kepakai juga," kata Maudy Ayunda di siaran live Instagram.

Baca juga: Maudy Ayunda: Baca Surat-surat Kartini Bikin Saya Terkejut

"Itu tuh masih sering lho dan saya kadang-kadang kaget juga bahwa opini seperti itu tuh masih cukup marak," imbuh Maudy.

Jadi sedih dan insecure

Gara-gara banyak anggapan tersebut di sekitarnya, Maudy mengaku jadi sedih dan ragu pula.

Maudy jadi bertanya-tanya ke diri sendiri.

"Itu kadang membuat saya sedih juga dan atau kadang bikin saya insecure juga, 'Emang benar ya kalau sekolahnya ketinggian katanya nanti entah cowok takut atau nanti jadi susah dapat pasangan'," ungkap Maudy Ayunda tertawa.

Harus memotivasi diri sendiri

Berusaha untuk tetap teguh pada pendirian, Maudy pun mengingatkan harus memotivasi dirinya sendiri.

Baca juga: Dengar Cerita Keluarga Retno Marsudi, Maudy Ayunda: Pasangan Suportif Penting

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X