Kompas.com - 21/04/2021, 17:30 WIB
Artis peran dan penyanyi Maudy Ayunda menyapa penggemarnya melalui VLIVE Ontact Fan Meeting. VLIVEArtis peran dan penyanyi Maudy Ayunda menyapa penggemarnya melalui VLIVE Ontact Fan Meeting.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Maudy Ayunda mengagumi pemikiran RA Kartini setelah membaca surat-surat tokoh emansipasi perempuan Indonesia tersebut.

Berbincang di Live Instagram dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021), Maudy mengatakan surat-surat yang ditulis Kartini menunjukkan gagasan yang luar biasa.

"Saya ada kesempatan juga waktu itu untuk membaca surat-surat yang ditulis beliau dan suka terkaget sendiri," kata Maudy Ayunda.

Baca juga: Dengar Cerita Keluarga Retno Marsudi, Maudy Ayunda: Pasangan Suportif Penting

Menteri Retno Marsudi juga menyatakan kekagumannya pada gagasan tentang pendidikan atau kesetaraan gender yang dituangkan Raden Ajeng Kartini semasa hidupnya di tahun 1879 sampai 1904.

Menurut Maudy, pemikiran Kartini di masa itu luar biasa modern dan berani. Apalagi Kartini sempat hidup dengan harus dipingit.

"Untuk sekarang itu mungkin merepresentasi banyak opini yang dibagikan sama kita semua, tapi pada saat itu mungkin beliau pasti merasa sangat sendiri dalam memikirkan hal tersebut," ucap Maudy Ayunda.

Baca juga: Ada Anggapan Perempuan Tak Perlu Sekolah Tinggi, Maudy Ayunda: Aku Harus Terus Memotivasi Diri

Kartini menjadi inspirasi bahi Maudy Ayunda.

"Jadi, berani dalam kesendirian dan berpikir seperti itu tuh sangat inspiratif buat aku sebagai perempuan muda," kata aktris yang juga menjadi penyanyi itu.

Selain sukses di bidang seni dan hiburan, Maudy Ayunda tak melupakan pendidikan formal.

Pada 2016 Maudy Ayunda lulus S1 jurusan Politics, Philosophy, and Economics (P.P.E) dari Oxford University, Inggris.

Baca juga: Maudy Ayunda Insecure dengan Anggapan Perempuan Tak Perlu Pendidikan Tinggi

Kini ia tengah kuliah S2 jurusan Bidang Pendidikan dan jurusan Bisnis di Stanford University, Amerika Serikat sebagai penerima beasiswa LPDP.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X