Kompas.com - 21/04/2021, 16:57 WIB
Maudy Ayunda dalam jumpa pers film Habibie & Ainun 3 di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019). KOMPAS.com/IRA GITAMaudy Ayunda dalam jumpa pers film Habibie & Ainun 3 di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka Hari Kartini, aktris Maudy Ayunda berbincang dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi membahas tema "Mengapa Perempuan Harus Bangga Berkarya?".

Retno Marsudi sempat bercerita soal mengurus anak sambil terus berkarier di Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Maudy Ayunda lantas penasaran budaya seperti apa yang ada di keluarga Menlu perempuan pertama Tanah Air itu.

"Aku diuntungkan datang dari keluarga besar yang sangat demokratis dan kesetaraan (gender) itu sudah ada," kata Retno Marsudi saat siaran live Instagram di akun @maudyayunda, Rabu (21/4/2021).

Di keluarga besar Retno Marsudi, banyak perempuan yang memutuskan untuk bekerja di luar rumah. Bagi Retno, mendidik anak juga investasi yang sangat besar dan tidak ada ruginya.

Baca juga: Ada Anggapan Perempuan Tak Perlu Sekolah Tinggi, Maudy Ayunda: Aku Harus Terus Memotivasi Diri

Berpacaran selama tujuh tahun sebelum menikah dengan sang suami, Retno Marsudi berujar, mereka sudah saling mengenal dari A sampai Z.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika Retno mau masuk ke Kemlu pun sang suami mengetahuinya bahkan ditemani untuk pergi tes.

Namun, kata Retno Marsudi, sang suami sempat terkejut dengan risiko yang bakal dilaluinya karena menjadi suami seorang diplomat.

"Di situ kita bikin sebuah komitmen bahwa keluarga itu teamwork. Jadi, di keluargaku enggak ada pembagian lu ngapain, gue ngapain. Siapapun yang sedang bisa melakukan, yok lakukan," ungkap Retno Marsudi.

Retno Marsudi yang punya dua anak laki-laki mengaku, keluarganya tidak pernah saling menganggap suatu pekerjaan tabu untuk dilakukan hanya oleh perempuan atau laki-laki.

Baca juga: Maudy Ayunda Masih Sering Dengar Anggapan Perempuan Tak Perlu Sekolah Tinggi

 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X