Kompas.com - 15/04/2021, 18:36 WIB
Aktor Rafael Tan berpose saat promo film Bridezilla di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Film bergenre drama komedi ini rencananya akan diputar di bioskop Agustus mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAktor Rafael Tan berpose saat promo film Bridezilla di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Film bergenre drama komedi ini rencananya akan diputar di bioskop Agustus mendatang.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Rafael Tan merupakan salah satu artis Tanah Air yang merasakan dampak pandemi Covid-19 secara finansial.

Personel grup vokal SM*SH ini berjualan bakso aci buatan sendiri demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

"Gue merasa (terdampak) banget. Gue sampai bertanya, kenapa gue harus ada di titik ini. Sampai gue harus jualan bakso aci yang gue bikin sendiri. Karena memang saat itu gue enggak ada pemasukan sama sekali," ucap Rafael Tan dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Rafael Tan Blak-blakan soal Egoisme yang Bikin SM*SH Sulit Comeback 

Besarnya cicilan bulanan dan kebutuhan sang ibu membuat pria asal Garut ini mengalahkan rasa malunya untuk berjualan bakso aci di tengah situasi pandemi.

"Mau enggak mau harus survive, Nyokap per bulan harus gue penuhi. Ada cicilan harus ditanggung juga. Kalau gue enggak kerja dan tabungan habis gimana ya," tutur Rafael.

Meski demikian, pengalaman tersebut membuat pemeran dalam film Susi Susanti: Love All ini banyak belajar.

Baca juga: Rafael Tan Jelaskan Alasan SM*SH Gagal Comeback pada 2020 Lalu

"Itu gue jualan bakso aci yang gue bikin sendiri, bagaimana ngulen sendiri, tester sendiri. Ya, merasa semuanya serba sendiri pokoknya. Dan gue merasa, 'Tuhan gue enggak sangka ada di titik ini'," ucap Rafael Tan.

Rafael Tan adalah salah satu anggota grup vokal SM*SH atau Seven Man as Seven Heroes yang sangat populer pada masanya.

Grup vokal ini beranggotakan tujuh orang yaitu Rafael, Rangga, Bisma, Dicky, Reza, Morgan dan Ilham.

Baca juga: Buka-bukaan Rafael Tan Syuting Bareng Idol Kpop di Korea Selatan

Genre musik yang mereka bawakan adalah pop-dance dan lagu-lagunya sempat hits di era 2010-an.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X