Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tapaki Jejak Mendiang Didi Kempot, Gusanda Latova Beralih dari Pop ke Lagu Jawa

Kompas.com - 13/04/2021, 20:34 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama vakum dari dunia musik, penyanyi asal Wonosobo, Gusanda Latova (26), memutuskan pindah aliran dari pop ke lagu Jawa.

Sempat naik daun di Jawa Barat dengan tembang andalan “Kau Takkan Tau” pada 2014, Gusanda kini tergerak menciptakan lagu Jawa yang elegan.

Singel “Ngerti” berkisah tentang seseorang yang telah rela memberikan segalanya untuk kekasih yang dicintai, tetapi a harus menerima kenyataan pahit.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Cidro 2 - Didi Kempot

“Liriknya tajam sekali, lagu ini saya ciptakan karena terinspirasi dari kisah pribadi,” ucap Gusanda dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/4/2021).

“Saya memutuskan untuk berpindah ke aliran musik Jawa. Meskipun awalnya sempat pesimis, tapi setelah mencoba menciptakan satu lagu alhamdulillah dapat respons positif dari masyarakat dan saya akan terus konsisten membuat lagu Jawa lagi,” lanjutnya.

Baca juga: Sambut Perilisan Film Sobat Ambyar, Sal Priadi Nyanyikan Cidro Karya Didi Kempot

Seolah mengikuti jejak mendiang Didi Kempot, Gusanda memberikan sentuhan nuansa budaya Jawa dalam lagunya yang mengusung tema cinta.

Ia mengemas lagu percintaan yang lekat dengan kehidupan anak muda dalam balutan musik Jawa.

Baca juga: Ada Bagian Film Didi Kempot yang Belum Sempat Digarap, Sutradara Sobat Ambyar Menyesal

Setelah meluncurkan “Ngerti”, Gusanda akan merilis empat lagu lagi yang menjadi bagian dari rangkaian lagu bernuansa Jawa pada tahun ini.

"Hal ini tentunya yang akan menjadi pemicu semangat saya untuk terus berkarya di blantika musik Indonesia,” ucap Gusanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com