Kompas.com - 13/04/2021, 19:49 WIB
Aktris Dian Sastro saat menceritakan kisah masa kecilnya YouTube WardahBeautyAktris Dian Sastro saat menceritakan kisah masa kecilnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo rela menggunakan uang tabungannya untuk membuka beasiswa bagi para pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dian Sastro mengatakan, awalnya uang itu bakal ia pergunakan untuk kebutuhan dirinya sendiri.

Namun, bintang film Ada Apa dengan Cinta? ini melihat banyak pelajar di desa yang ingin melanjutkan kuliah, tetapi terhalang keterbatasan biaya.

Baca juga: Kisah Dian Sastro Gunakan Uangnya untuk Beri Beasiswa kepada Pelajar Berprestasi

"Kenapa enggak aku pakai tabungan aku yang sebenarnya aku simpan buat diri aku, (untuk) Dian Dian kecil. Akhirnya aku buka beasiswa Dian," ucap Dian Sastrowardoyo, dikutip dari kanal YouTube WardahBeauty, Selasa (13/4/2021).

Dian berujar kemampuan finansialnya ketika itu sanggup untuk membiayai dua atau tiga anak penerima beasiswa Dian.

"Aku kuliahin, anak kuli bangunan yang juara kelas. Anaknya ibu-ibu penjual nasi kucing yang punya tekadnya satu, pengin kerja kantoran supaya ibunya enggak perlu jualan nasi kucing tiap malam," tutur Dian.

Baca juga: Dian Sastro Pernah Tak Diacuhkan Sepupu karena Status Ekonomi

Setelah bertemu dengan beberapa kandidat, Dian malah memutuskan memberikan beasiswa kepada tujuh anak.

"Aku relain (uang tabungan), aku biayain mereka. Jadi beasiswanya, beasiswa mereka dan sampai sekarang alhamdulillah," kata Dian.

"Kemampuannya ngambil tiga anak, tapi pas ketemu enam kandidat, akhirnya enam-enamnya aku ambil saking bagusnya," ucap Dian.

Baca juga: Dian Sastro Jadikan Sosok Wanita Ini sebagai Panutan

Dian mengatakan, kini sudah ada 17 anak yang termasuk ke dalam penerima beasiswa Dian sejak 2015.

Tujuh di antaranya sudah lulus dan bekerja di perkantoran, menjadi pengacara, dan dokter.

"Jadi sekarang sudah ada 3 batch, 3 angkatan beasiswa Dian, total sudah ada 17 anak, yang lulus sudah ada tujuh. Ada yang ngantor, jadi lawyer, sudah ada yang jadi dokter," tutur Dian.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X