Kompas.com - 13/04/2021, 17:16 WIB
Foto Kaminah dan Kusdalini VOAFoto Kaminah dan Kusdalini
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Film dokumenter berjudul You and I mengisahkan kehidupan mantan tahanan politik.

Film dokumenter yang dinobatkan sebagai Film Dokumenter Panjang Terbaik pada Festival Film Indonesia (FFI) 2020 merupakan debut Fanny Chotimah sebagai sutradara.

Fanny Chotimah mengatakan, awalnya dia tak pernah berpikir untuk membuat film dokumenter ketika bertemu dengan kedua pemeran film You and I.

Baca juga: Sinopsis You and I, Kisah Hidup Mantan Tahanan Politik

"Sama seperti teman-teman lihat di filmnya, langsung jatuh cinta, begitu juga yang hampir aku rasakan saat kenal dengan Mbah Kaminah dan Kusdalini," ujar Fanny Chotimah, saat konferensi pers, Selasa (13/4/2021).

Saat mengenal Kaminah dan Kusdalini, Fanny mengaku penasaran untuk menyelami lebih dalam tentang cerita kehidupan keduanya.

Diketahui, Kaminah dan Kusdalini adalah dua sahabat yang bertemu di penjara 50 tahun yang lalu.

Baca juga: 5 Film Dokumenter tentang Laut yang Wajib Anda Tonton

"Terus ingin terus ingin tahu lebih jauh tentang cerita mereka, kehidupan mereka, jadi dari pertemuan yang intens, melihat hubungan persahabatan mereka, hal-hal kecil bermakna banget bagiku saat itu," ucapnya.

Fanny tersentuh melihat betapa eratnya ikatan persahabatan Kaminah dan Kusdalini dalam kehidupan sehari-hari.

"Mereka bercanda seperti tadi di trailer, buatku itu menginspirasi dan kupikir sosok mereka, kisah mereka, harus dibagikan ke dunia biar semua orang mengenal mereka," kata Fanny.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Ini Keunggulan Bioskop Online

You and I bercerita tentang kehidupan dua sahabat yang bertemu di penjara 50 tahun lalu, Kaminah dan Kusdalini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X