Kompas.com - 09/04/2021, 17:42 WIB
Foto Kaminah dan Kusdalini VOAFoto Kaminah dan Kusdalini


JAKARTA, KOMPAS.com
– Fillm dokumenter You and I merupakan debut dari sutradara Fanny Chotimah.

Dilansir VOA, 25 September 2020, Fanny menceritakan bahwa film ini mengisahkan kehidupan Kaminah dan Kusdalini yang merupakan mantan tahanan politik.

Pertemuan keduanya berawal saat mereka ditangkap dan dimasukan ke penjara pada 1965 sebagai tahanan politik. Kala itu, keduanya masih muda.

Baca juga: Sinopsis Serial Them, Teror dari Tetangga Kulit Putih

Meskipun Kaminah dan Kusdalini akhirnya dibebaskan, kehidupan mereka tidak pernah lepas dari stigma mantan tahanan politik.

Hal ini membuat mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan maupun bekerja. Menikah juga menjadi hal yang mustahil bagi keduanya.

Terlebih lagi, Kaminah ditolak oleh keluarganya.

Baca juga: Sinopsis Zombieland Saga Revenge, Musim Kedua Zombieland Saga, Tayang Hari Ini

Akhirnya, dia memutuskan untuk tinggal bersama Kusdalini dan sejak saat itu keduanya tidak pernah terpisah dan menua bersama.

Demi keberlangsungan hidup, mereka membuka warung dimana mereka berjualan soto, melayani katering, dan berjualan kerupuk.

Film dokumenter berdurasi 72 menit ini telah menerima berbagai penghargaan.

Baca juga: Sinopsis The Penthouse 2 Episode 15, Yoon-Hee Membuntuti Ae-Gyo

Film You and I berhasil menerima The Asian Perspective Award, penghargaan tertinggi dalam Asian Competition of The 12th DMZ International Documentary Film Festival.

Selain itu, film ini juga berhasil menyabet piala di Festival Film Indonesia 2020, Piala Maya 2020, Jogja-Netpac Asian Film Festival 2020, dan International Film Festival 2020.

Film You and I kini sudah bisa Anda tonton di Bioskop Online.

Baca juga: Sinopsis Taxi Driver, Perusahaan Taksi Membuka Jasa Balas Dendam, Tayang Besok di Viu

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X