Kompas.com - 10/04/2021, 06:56 WIB
Artis Yuyun Sukawati dan kuasa hukumnya (kiri) dal jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIArtis Yuyun Sukawati dan kuasa hukumnya (kiri) dal jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, artis peran Yuyun Sukawati mengaku mengalami KDRT hampir setiap hari dari suaminya, Fajar Umbara, sejak dua tahun pernikahan mereka pada 2019.

Yuyun mengaku pernah dicekik, diludahi, dilempar dari atas balkon, hingga diseret ke luar rumah.

Yuyun dan juga putranya uang masih berusia 14 tahun juga merasa tidak tenang setiap hari.

Baca juga: 2 Tahun Alami KDRT, Yuyun Sukawati Sesalkan Pernikahan dengan Fajar Umbara

Dia harus menyimpan benda-benda tajam untuk meminimalkan kekerasan dan pengancaman dari Fajar Umbara.

Mengadu ke KPAI

Selain melapor ke polisi, Yuyun mengadu Ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) karena putranya diduga juga kerap mendapatkan kekerasan fisik maupun perkataan dari ayah sambungnya itu.

"Kami mau menyampaikan laporan kami ke KPAI. Kita langsung ke Ketua KPAI Pak Santoso. Beliau akan mengusut perkara ini setuntas-tuntasnya," kata kuasa hukum Yuyun, Lissa V, saat ditemui di kantor KPAI, Jakarta Pusat, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Pengakuan Yuyun Sukawati soal KDRT, Dilempar dari Balkon hingga Diseret ke Luar Rumah

Anak tertekan

Karena juga mengalami kekerasan dan melihat langsung ibundanya mengalami KDRT, anak Yuyun sampai mengalami masalah mental.

"Mengancam, maksudnya karena (anak) sudah tertekan, sudah sangat tertekan psikisnya, dia mau belain ibunya, tapi saat itu ibunya tidak bisa melawan. Akhirnya putranya mengatakan pada mamanya, 'apa saya harus lompat, Ma?'. Bayangkan, usia 14 tahun ini psikisnya sangat terganggu," ungkap Lissa.

Baca juga: Pengakuan Yuyun Sukawati soal KDRT, Dilempar dari Balkon hingga Diseret ke Luar Rumah

Menyesal

Karena kejadian yang dialaminya selama dua tahun terakhir ini, Yuyun mengaku menyesal telah menikah dengan Fajar Umbara.

Apalagi, Yuyun lebih memilih tinggal bersama Fajar Umbara di Jakarta dibandingkan dengan mendiang ibundanya.

Dia mengatakan, beberapa hari setelah ibunda meninggal dunia, Fajar Umbara malah melakukan KDRT, bukan menenangkan hatinya atas kepergian sang ibunda.

Baca juga: Yuyun Sukawati: Demi Allah, Saya Menyesal Nikah dengan Fajar Umbara

"Demi Allah Rasulullah, saya menyesal banget nikah sama Fajar Umbara. Dan juga sangat menyesal sekali selama ini saya bodoh sampai tinggalkan ibu dan anak saya dan memilih Fajar," kata Yuyun.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X