Kompas.com - 19/03/2021, 16:36 WIB
Gubernur nonaktf Jambi Zumi Zola di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/12/2018). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINGubernur nonaktf Jambi Zumi Zola di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Jambi sekaligus aktor Zumi Zola kembali menjalani sidang lanjutan peninjauan kembali (PK) atas vonis 6 tahun terkait kasus gratifikasi proyek-proyek di Jambi.

Usai sidang, Zumi Zola buka suara soal alasan mengajukan PK.

"Saya ajukan ini sebagai bentuk ikhtiar saya, usaha saya untuk mendapatkan keringanan hukuman. Semata-mata niatnya adalah untuk bisa cepat pulang merawat ibu saya," kata Zumi Zola usai menghadiri sidang di PN Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Mantan suami Sherrin Tharia ini mengungkap rasa ibanya pada ibunda yang kini tinggal seorang diri.

Baca juga: Sherrin Tharia Tegaskan Zumi Zola Sudah Sakit Diabetes Sejak Lama

"Orangtua saya tinggal satu, ayah saya sudah meninggal. Ibu saya sudah sepuh dan saya ingin sekali merawat beliau. Dan tentu membesarkan, membimbing anak-anak saya yang masih kecil itu aja," lanjut Zumi.

"Jadi saya minta doanya untuk mendapatkan yang terbaik," ujar Zumi menambahkan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, Zumi Zola divonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor 6 tahun penjara dan diwajibkan membayar denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Zumi juga dihukum pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun, terhitung sejak selesai menjalani pidana pokoknya.

Baca juga: Kesehatan Zumi Zola di Bui Memprihatinkan, Mantan Kuasa Hukum Jelaskan Riwayat Penyakitnya

Zumi dinyatakan menerima uang gratifikasi dibantu tiga orang kepercayaan, yaitu Apif Firmansyah, Asrul Pandapotan Sihotang, dan Arfan.

Gratifikasi itu diterima Zumi saat menjabat sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X